KPU Tuban Mulai Setting dan Packing Logistik Pemilu

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Kurang dari satu bulan, pesta demokrasi akan diadakan di Indonesia, termasuk di Kabupaten Tuban. Tak heran, jika berbagai persiapan sudah mulai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban. 

Salah satu persiapan yang dilakukan KPU Tuban saat ini ialah persiapan setting dan packing logistik Pemilu, sesuai dengan kebutuhan disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Baca Juga:

Hal tersebut, dilakukan bertujuan untuk memastikan seluruh kebutuhan logistik, dapat didistribusikan secara tepat waktu. 

Ketua KPU Tuban, Fatkul Iksan menjelaskan jika setelah dilakukan rapat koordinasi persiapan setting dan packing logistik Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, selanjutnya ialah mulai packing dengan memasukkan kelengkapan pemungutan suara. 

"Kami akan mulai packing memasukkan kelengkapan pemungutan suara ke kotak suara pada Sabtu besok atau tanggal 20 Januari 2024," tuturnya kepada blokTuban.com, Kamis (18/1/2024). 

Setelah persiapan logistik kebutuhan Pemilu 2024 selesai dilakukan, maka berikutnya akan didistribusikan kepada 3690 TPS yang ada di Kabupaten Tuban. 

Mekanismenya, lanjut Fatkul sapaan akrabnya, pendistribusian terlebih dahulu melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan juga Panitia Pemungutan Suara (PPS). 

"Distribusinya nanti melalui PPK dulu, baru nanti PPK distribusi ke PPS dan baru PPS nanti ke TPS," jelasnya. 

Lebih lanjut, jika terdapat beberapa kelengkapan yang harus dimiliki oleh masing-masing TPS. Diantaranya ialah surat suara, bantalan, alat coblos, kotak, bilik suara, formulir-formulir, maupun alat kelengkapan lainnya. [Sav/Ali]