Cegah Tulang Keropos, Simak Tips Herbal Alami yang Dibagikan dr Zaidul

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Osteoporosis, atau tulang keropos, adalah kondisi di mana kepadatan tulang menurun dan struktur tulang menjadi lebih porus dan rapuh. 

Hal ini dapat meningkatkan risiko patah tulang, terutama pada tulang panggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan. Beberapa faktor dapat menyebabkan osteoporosis seperti keturunan atau genetik, kekurangan kalsium ataupun karena proses menopause pada wanita.

Sebagian orang selama ini lebih banyak memilih susu sebagai sumber kalsium untuk mencegah tulang keropos atau osteoporosis.

Namun, penggagas Jurus Sehat Rasulullah dr Zaidul Akbar mdalam video yang diunggah di channel youtube dr Zaidul Akbar Official menyebut sumber kalsium untuk mencegah tulang keropos itu tak hanya susu, tetapi juga ramuan herbal. 

Selain itu dr Zaidul Akbar menjelaskan kondisi Osteoporosis bisa terjadi karena banyaknya asam di dalam tubuh seseorang. Asam ini terjadi karena banyaknya mengonsumsi gula, nasi, makanan berminyak hingga tepung-tepungan.

"Tulang dapat memperkuat dirinya sendiri selama kita bisa melakukan pola hidup sehat, menjalankan diet sehat termasuk pola makan dan latihan beban untuk membantu mencegah keroposnya tulang atau menguatkan tulang yang lemah," ujarnya.

Untuk mencegah terjadinya osteoporosis, dr Zaidul Akbar menyarankan sebaiknya agar lebih sering mengonsumsi makanan yang mengandung alkali.

dr Zaidul Akbar menyebutkan ada beberapa makanan yang bisa membuat tulang kuat hingga mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

"Untuk mencegah pengeroposan sebaiknya mengonsumsi air yang pH nya seperti air alkali, seperti air zamzam," kata dr Zaidul Akbar.

Namun jika tidak ada, sambung dr Zaidul Akbar, bisa mengonsumsi makanan seperti timun, wortel dan sayuran, bahkan kebanyakan buah-buahan itu sebagian besar alkali, tanpa kecuali durian.

Buah durian cenderung asam, boleh saja dikonsumsi, kata dr Zaidul lebih baik lagi apalagi dimakan bersamaaan dengan bijinya. Karena biji durian juga bermanfaat untuk menguatkan tulang.

Namun mengonsumsi biji durian tidak secara langsung, tapi olahlah biji durian dengan cara direbus atau dikukus terlebih dahulu baru dimakan.

"Biji durian direbus, dikukus kayak orang tua kita zaman dulu itu lho dimakan," lanjutnya.

Selain biji durian, dr Zaidul Akbar juga menganjurkan untuk mengonsumsi petai agar membuat tulang menjadi kuat.

Namun, bukan petai yang diolah dengan cara digoreng melainkan dengan mengonsumsi secara langsung atau dalam kondisi mentah.

"Petai juga bagus, jangan digoreng makan mentah aja, kalau suka," pungkasnya.

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS