Masyarakat Wajib Tahu, Begini Cara Menghindari Korsleting Listrik Saat Musim Hujan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pada saat musim hujan tiba, sebagian masyarakat sering merasa was-was apabila listrik di rumahnya mengalami korsleting, hingga membahayakan banyak orang. 

Namun sebenarnya, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat, terkait penggunaan listrik agar tidak berbahaya ketika musim hujan. 

Seperti halnya yang disampaikan oleh Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Kabupaten Tuban, Agus Riyadi. Menurutnya, sebaiknya masyarakat menghindari untuk menggunakan stop kontak yang bertumpuk. 

baca juga:

Sebab Listrik di Tuban Sering Mati Tiba-tiba Saat Hujan, Ini Cara Lapor PLN

 

"Baik jangan gunakan stop kontak bertumpuk dan  posisikan 1 meter diatas permukaan lantai," ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (19/12/2023).

Selain itu, masyarakat juga hendaknya menghindari kontak dengan listrik yang dalam keadaan basah. Pasalnya, di dala air terdapat kandungan mineral, kotoran maupun zat-zat lainnya, yang dapat menghantarkan listrik sehingga bisa menyetrum. 

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, maka Agus sapaan akrabnya juga menyarankan kepada masyarakat untuk menggunakan alas kaki saat menyentuh listrik. 

"Sebaiknya hindari kontak dengan listrik kondisi basah, gunakan alas kaki saat menyentuh listrik," katanya. 

baca juga:

Pemangkasan Pohon Oleh PLN Timbulkan Kemacetan di Lalin DR Wahidin Sudirohusodo Tuban

Lebih lanjut, pria ramah ini menambahkan, apabila terdapat warga yang tersengat listrik, maka hal yang harus dilakukan pertama kali yaitu mematikan sumber listrik. 

Disisi lain, keluarga atau orang terdekat yang hendak menolong dengan memegang korban tersengat listrik itu, dilarang untuk menggunakan alas kaki. 

"Jika memegang korban jangan pakai alas kaki," pungkasnya. [Sav/Dwi] 

   

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS