Doa Mohon Kelancaran Rezeki Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dalam ajaran Isalm terdapat konsep bahwa rezeki seseorang telah diatur oleh Allah, bahkan sejak ia dalam kandungan. Namun dalam kehidupan, takdir rezeki seseorang telah ditetapkan oleh Allah, tetapi manusia tetap perlu berusaha atau bekerja keras untuk mendapatkan rezeki tersebut.

Rasulullah mendorong umat Islam untuk menjemput rezeki salah satu contohnya dengan bekerja keras dan ikhlas dalam usaha mereka. Tidak hanya mencari rezeki untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi juga untuk mencari ridha Allah. 

Bahkan Rasulullah SAW mengajarkan berdoa ketika keluar rumah sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Umar RA sebagai berikut:

 Ø¨ÙØ³Ù’مِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

Bismillâhi ‘ala nafsî wa mâlî wa dînî. Allâhumma radhdhinî bi qadhâ’ika, wa bârik lî fîmâ quddira lî hattâ lâ uhibba ta‘jîla mâ akhkharta, wa lâ ta’khîra mâ ‘ajjalta.

Artinya: Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kautunda dan enggan menunda apa yang Kausegerakan.

Setelah rezeki yang diharapkan itu datang, penting untuk bersyukur atas segala nikmat yang diperoleh. Maka sudah selayaknya doa di atas diamalkan setiap hari dengan harapan diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mendapatkan rezeki.

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS