Keselamatan Nelayan Tuban Menjadi Prioritas Bersama

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kegiatan doa bersama dan tasyakuran telah menjadi agenda rutin tahunan menjelang musim angin baratan. Hal tersebut dilakukan untuk memberi keselamatan seluruh nelayan di Wilker Tanjung Awa-awar Tuban.

Doa bersama selama ini menjadi cara nelayan Tuban untuk mengharap rejeki dan keselamatan kepada Allah SWT. Di samping itu, para nelayan juga tak lupa melakukan sedekah laut sebagai warisan nenek moyang. 

Doa bersama kali ini diikuti ratusan nelayan di wilayah Desa Beji dan Kaliuntu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban berlokasi di lapangan desa setempat. Pihak yang mengisiniasi acara yaitu Paguyuban Keagenan Pelayaran Tanjung Awar-awar. 

Acara penuh khidmat tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tanjung Pakis, Kapospol Polairud Tuban, BMKG Tuban, Forkompimca Jenu.

Menurut Kasie KBPP, Capt Faiq Kurniawan disela kegiatan doa bersama masyarakat ini juga disisipkan sosialisasi tentang keselamatan pelayaran.

"Kami juga memberikan sosialisasi tentang keselamatan pelayaran, karena itu merupakan tanggung jawab kita bersama. Maka itu kegiatan ini juga dilakukan sebagai bentuk silaturahmi dengan masyarakat nelayan," kata Capt Faiq Kurniawan.

Capt Faiq Kurniawan berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan sehingga tercipta kedekatan emosional antara petugas dari lintas sektor dengan masyarakat.

Dalam kegiatan doa bersama dan tasyakuran tersebut ditutup dengan pembacaan sholawat, juga dilakukan pembagian sembako kepada masyarakat nelayan dan pemberian santunan anak yatim di Wilker Tanjung Awar-awar.

"Keselamatan saat beraktivitas di laut harus menjadi prioritas bersama dengan cara memakai life jaket dan selalu update dengan cuaca melalui BMKG Kabupaten Tuban. Menjaga keselamatan diri di perairan merupakan upaya menciptakan zero accident," imbuhnya.

Ketua Keagenan Nelayan Tanjung Awar-awar, menjelaskan, jika kegiatan tahunan ini dilakukan sebagai wujud syukur atas karunia yang diberikan oleh yang kuasa, sehingga para nelayan diberi keselamatan, kesehatan kelancaran saat berlayar.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan hari ini, termasuk teman-teman Syahbandar," ungkapnya. [Ali/Dwi]