Resep Roti Tawar Pandan Homemade dengan Metode Tang Zhong

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Membuat roti tawar kini dapat dilakukan di rumah atau homemade. Untuk kali ini metode membuat biang dengan metode tang zhong.

Metode ini telah menjadi populer di kalangan pembuat roti rumahan karena memberikan hasil yang konsisten dan memuaskan. Selain itu juga dapat meningkatkan kelembutan roti dan memperpanjang kesegarannya.

Teknik ini biasa digunakan dalam proses pembuatan roti Asia yang empuk dan manis, seperti donat atau roti sobek Jepang

Biang atau pengempuk adonan alami yang dapat membuat adonan roti menjadi lebih lembut dan mengembang sempurna. Hal ini menjadi salah satu resep kunci keberhasilan membikin roti tawar pandan homemadetanpa telur dan susu.

 

Bahan-bahan

Bahan Tang Zhong:

25 gr tepung terigu

125 ml air

 

Bahan Roti:

600 gr tepung terigu protein tinggi

7 gr ragi instan

250 ml air hangat

40 gr gula pasir

30 ml madu

60 ml minyak

1 sdt SP

1 sdt garam

Pasta pandan secukupnya

 

Cara membuat

1. Tang Zhong: Masukkan duo bahan ke dalam panci, aduk rata. Masak dengan api kecil sambil diaduk sampai mengental. Matikan api, sisihkan sampai dingin.

2. Roti: Siapkan gelas, masukkan ragi instan, sedikit gula pasir & sedikit air hangat, aduk rata, diamkan selama 10-15 menit sampai berbuih.

3. Siapkan wadah besar, masukkan air ragi, sisa air hangat, gula pasir, minyak, madu, SP, garam, pasta pandan, tang zhong dan tepung, aduk rata pakai spatula sampai terasa berat, kemudian lanjut aduk pakai tangan.

4. Uleni selama 7-10 menit sampai kalis. Kemudian diamkan selama 1 jam. Setelah didiamkan dan mengembang, tonjok adonan agar gasnya keluar, lanjut uleni sebentar lalu gulung memanjang masukkan ke loyang yang sudah dioles margarin. Diamkan selama 15 menit.

5. Panaskan oven selama 10 menit dengan api besar. Lalu panggang kue di rak tengah selama 45-60 menit dengan api sedang. Setelah matang, keluarkan roti lalu oles pakai margarin. Tunggu sampai dingin, potong roti. Siap disajikan.

6. Roti tawar oandan homemade sudah matang  dan dapat dinikmati hangat-hangat atau disimpan.

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS