Pakde Karwo Ungkap Agenda Prabowo ke Pondok Langitan Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Dalam kunjungan silaturahmi yang dilakukan oleh Prabowo Subianto di Pondok Pesantren (Ponpes) Langitan yang berada di Desa Widang, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, turut dihadiri oleh sejumlah pihak. 

Bukan hanya alim ulama saja, namun juga dihadiri oleh beberapa partai politik (parpol), salah satunya ialah Partai Golkar, yang diwakili oleh Sukarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo

Dalam kesempatan tersebut, Sukarwo mengatakan jika pihaknya diutus oleh Partai Golkar, untuk menghadiri kegiatan ini.

"Saya dari partai Golkar, diutus dari partai untuk menghadiri acara disini. Dari partai Golkar sendiri tentu kami mendukung," ujarnya kepada sejumlah awak media, saat ditemui Minggu (26/11/2023). 

Di sisi lain, Mantan Gubernur Jawa Timur (Jatim) tersebut, juga menambahkan jika agenda yang dibahas dalam kunjungan yang dilakukan oleh Prabowo dengan para kiai atau Masyayikh tersebut ialah membantu dan memperjuangkan, dalam perkembangan ponpes, termasuk kualitas pendidikan.

Di mana, kualitas pendidikan di Ponpes tidak hanya tentang Diniyah salafiyah saja, akan tetapi juga pendidikan yang menyangkut lainnya. 

"Tapi sebetulnya ini sudah mulai digarap PP 55, jadi ini suatu jembatan untuk memperkuat pondok pesantren, yang bukan hanya sorofan kitab kuning saja, tapi juga keterampilan dan juga 5 pelajaran tersebut," katanya.

Lebih lanjut, saat disinggung apakah ini sebagai bentuk starategi pemenangan Pilpres, Pakdek Karwo mengaku hal tersebut tidak ada kaitannya dengan kunjungan yang dilakukan kali ini.

Pasalnya, kunjungan kali ini murni merupakan pertemuan antara Nahdiyin dan calon Presiden RI, untuk saling mengemukakan pendapat untuk memperjuangkan Pondok Pesantren. 

"Ini kan Nahdiyin, para kiai yang bertemu dengan calon presiden, kemudian saling berdiskusi teekait perjuangan pondok pesantren," imbuhnya. [Sav/Ali]