Para Putra Kiai Muda dari Jawa-Madura Berikan Dukungan kepada Gibran

Oleh: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Gawagus (Putra Kiai Muda) se Jawa-Madura silaturahmi dan memberikan dukungan kepada Gibran Rakabuming Raka calon wakil presiden (cawapres) di The Alana Hotel & Convention Center - Solo, Kamis (23/11/2023).

Gus Wafiyul Ahdi sebagai peserta silaturahmi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk saling mengenal, mendengarkan beberapa program unggulan Gibran dilanjut bertanya jawab dengan beberapa peserta se Jawa-Madura.

"Gus muda mendoakan semoga mas Gibran sukses dalam hajat yang diinginkan," ucapnya.

Lebi lanjut Gus Wafi Tambakberas Jombang mengapresiasi kegiatan ini, karena Gibran bisa bersilaturahim bersama tokoh-tokoh muda pesantren, dengan ini bisa menjadi kesempatan kepada Gibran untuk mengenalkan diri dengan komunitas pesantren khususnya tokoh-tokoh muda yang bisa menggerakan jaringan yang dimiliki oleh masyarakatnya masing-masing.

"Agenda lanjutan setelah ini semoga bisa terealisasikan dengan segara," imbuhnya.

Dalam pertemuan Gibran menyampaikan beberapa program yang bisa dijalankan kedepan, seperti dana abdi pesantren. Menurutnya bantuan memang sudah ada, dan kedepan bisa untuk ditingkatkan.

"Bantuan sudah ada, namun belum maksimal dan harapan kedepan akan ditambah," ujarnya.

Walikota Solo ini berharap agar selain pesantren menjadi tempat belajar juga kualitas sumberdaya di pesantren dapat ditingkatkan sehingga dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lain seperti universitas.

"Pesantren bisa memiliki akreditasi lebih baik daripada kampus ataupun universitas," tambahnya.

Selain itu Gibran menginginkan pesantren dapat belajar mandiri dengan mengembangkan bisnis. Kedepan di pesantren diharapkan ada agrobisnis di pertanian, peternakan dan santri harus bisa digitalisasi.

"Santri harus siap menyongsong Society 5.0," tegasnya.

Sementara itu Gus Sandi Sulaiman Hamid pengasuh Pondok Pesantren Al Hamid Jakarta, terkesan dengan beberapa program yang akan dijalankan Gibran sebagai wujud kepedulian terhadap pesantren.

Menurutnya poinya tidak ribet dan sekedar angan-angan, ditambah Jokowi sudah realistis memberikan perhatian terdapat pesantren dan diharapkan Gibran bisa melanjutkan program tersebut.

"Dari kepedulian bapaknya, kami berharap anak bisa melanjutkan perhatiannya terhadap pesantren," terangnya.

Gus Sandi mengapresisasi program yang dinilai sudah bagus, salah satunya dalam program agrobisnis pesantren. Diharapkan tidak hanya wacana dan semoga terselesaikan. Diharapkan pemerintah tidak hanya suport material saja namun juga lahanya.

"Banyak pesantren yang terkendala dengan lahan yang sempit, semoga pemerintah dapat merealisasikanya," pungkasnya.[Rof/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS