Anjuran Membaca Doa Sebelum Memulai Bekerja Bagi Muslim

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com – Sebelum memulai setiap aktivitas atau pekerjaan umat muslim dianjurkan mengawalinya dengan membaca doa dengan menyebut nama Allah. Ini mencerminkan kesadaran dan pengakuan bahwa segala sesuatu yang kita lakukan bergantung pada kehendak dan pertolongan Allah.

Dikutip dari laman NU Online, Imam al-Ghazali menganjurkan kita untuk membaca doa berikut ini ketika kita memulai aktivitas atau memasuki bidang baru yang akan kita geluti. (Lihat: Imam al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz I, halaman: 408). Doa ini dikutip dari kitab suci Al-Qur’an sebagai berikut: 

 Ø±ÙŽØ¨Ù‘َنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا. رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي، وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي 

Rabbanā ātinā min ladunka rahmatan, wa hayyi’ lanā min amrinā rasyada. (Surat Al-Kahfi ayat 10), Rabbisyrah lÄ« shadrÄ«, wa yassir lÄ« amrÄ«. (Surat Thahā ayat 25-26). 

Artinya: Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku. 

Sedangkan Habib Umar Bin Hafidz juga membagikan amalan supaya melaluiu usaha yang dikerjakan dapat mendatangkan rezeki yang berlimpah dan berkah. 

1. Lailahailallahul Malikul haqqul mubin

Artinya: "Tiada Tuhan selain Allah, Raja Al haqqul mubin".

Bacalah amalan ini dengan cara dibaca setelah shalat dzuhur sebanyak 100 kali.

2. Robbisrohli sodri wayassirli Amri

Artinya: "Ya Allah ya Tuhanku, Lapangkanlah untukku, dadaku bahkanlah untukku urusanku Uraikanlah simpul pengikat sengkuh agar mereka memahami perkataanku

Bacalah amalan ini dengan cara dibaca setelah shalat ashar dan shalat isya sebanyak 100 kali.

Demikian anjuran bagi umat muslim untuk membaca kalimat doa kepada Allah supaya diridhoi setiap aktivitas yang dikerjakan.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS