Hasilkan 774.322 Ton di Lahan 137.121 Hektare, Produksi Jagung Tuban Tertinggi di Jatim

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Produksi jagung di Kabupaten Tuban tertinggi di Jawa Timur 774.322 ton dengan luasan lahan panen mencapai 137.121 hektare.

Hal itu diungkapkan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky saat panen raya jagung di Desa Sotang, Kecamatan Tambakboyo bersama Forkopimda Tuban. 

Jagung yang dipanen di Sotang Tambakboyo merupakan varietas NK Perkasa yang ditanam di lahan 350 hektare oleh Gapoktan Banyu Tresno.

Kabid Tanaman Pangan Dispertan Jatim, Deni Kurniawan, pimpinan OPD terkait, camat dan kelompok tani, serta kepala desa se-Kecamatan Tambakboyo hadir pada acara tersebut. Juga diselenggarakan pameran produk pertanian dan UMKM dari desa se-Kecamatan Tambakboyo dan kecamatan di Kabupaten Tuban. 

Bupati Tuban, Lindra mengungkapkan beberapa waktu lalu Kabupaten Tuban meraih penghargaan Peduli Ketahanan Pangan tingkat Provinsi Jawa Timur. Penghargaan yang diterima merupakan buah dari kerja keras petani, masyarakat, bersama Pemkab Tuban dan stakeholder terkait lainnya. 

"Sinergi dan kolaborasi harus terus dijaga untuk melahirkan karya yang akan selalu dikenang," ungkapnya.

Selain itu, Kabupaten Tuban masuk dalam 5 besar kabupaten/kota penghasil padi terbanyak di Jatim. Komitmen untuk menjaga ketahanan pangan mengantarkan Kabupaten Tuban dapat survive pada masa pascapandemi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP2P) Kabupaten Tuban, Eko Julianto mengatakan pihaknya bersama Gapoktan dan petani berkomitmen mewujudkan ketahanan di Kabupaten Tuban. 

Sektor pertanian menjadi prioritas untuk dikembangkan guna menyokong lumbung pangan nasional. Langkah tersebut didukung dengan pembangunan sarana dan prasarana pendukung. [Ali/Dwi]