Muncul di Pekarangan Rumah, Ular Piton Buat Panik Warga Bektiharjo Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Kemunculan ular Piton di Dusun Krajan, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban membuat warga sekitar panik.

Bagaimana tidak, ular jenis piton tersebut secara tiba-tiba masuk dan muncul di pekarangan rumah milik Sumitro, yang merupakan warga setempat.

Sontak, kehadiran ular itupun membuat kaget pria yang juga seorang pensiunan TNI tersebut, sehingga langsung melaporkan temuan ular berukuran besar ini, kepada petugas dari Satpol PP dan Damkar Tuban.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar Kabupaten Tuban, Sutaji mengatakan jika pihaknya mendapatkan laporan adanya penemuan ulat jenis piton itu, pada pagi hari tadi.

“Kami dari pos Pemadam Kebakaran Tuban menerima laporan permohonan evakuasi ular sanca, dari saudara Sumitro yang berada di area pekarangan rumahnya,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Kamis (19/10/2023).

Setelah mendapatkan laporan adanya penemuan tersebut, lanjutnya, petugas dari tim Damkar Tuban langsung bergerak cepat dengan mengerahkan sejumlah personel, untuk mendatangi lokasi kejadian.

Selang beberapa menit tindakan evakuasi dilakukan, petugas Damkar Tuban berhasil mengevakuasi ular berukuran besar yang membuat resah warga sekitar.

“Tim Pos Damkar Tuban melakukan tindakan cepat, untuk mengevakuasi Ular Sanca tersebut, sebagai tindakan untuk memberi rasa aman bagi warga sekitar dari serangan ular sanca,” bebernya.

Lebih lanjut, Sutaji menambahkan dalam kesempatan itu, pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat setempat, terkait langkah ataupun penanganan yang dapat dilakukan apabila ular kembali meneror warga.

“Tim juga memastikan dan memberikan edukasi penanganan, jikalau kembali ada ular sanca yang muncul,” sambungnya. [Sav/Ali]