Peringatan Dini BMKG: Prediksi Gelombang Laut di Tuban 2,5 Meter

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Nelayan di Kabupaten Tuban diharap terus mengupdate informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Di mana gelombang laut di Tuban-Lamongan diprediksi samp[ai 2,5 meter, Kamis (12/10/2023).

Berdasarkan rilis harian BMKG di WAG Info Bencana Tuban, disebutkan peringatan tersebut juga berlaku di Laut Jawa selatan Pulau Bawean. BMKG menyampaikan bahwa peringatan dini berlaku 12 - 13 Oktober 2023.

"Mohon diperhatikan risiko terhadap keselamatan pelayaran jenis kapal nelayan, Tongkang, Fiber, dan Ferry. Harap waspada ketika beraktifitas di laut, terutama keselamatan pelayaran untuk nelayan," tulis BMKG Maritim Perak Surabaya.

Gelombang maksimum dapat mencapai dua kali tinggi gelombang yang tertera di atas. Selain itu, keberadaan awan Cumulonimbus (CB) yang luas dan gelap dapat menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang.

Selain tinggi gelombang, BMKG juga menginfokan suhu di Kabupaten Tuban hari ini. Suhu maksimal di Tuban yaitu 34 derajat celcius. Sebagian wilayah Tuban suhunya lebih rendah yaitu 32 derajat celcius. [Ali/Dwi]