Identik dengan Air, Desa Sumber Tuban Terus Kembangkan Gayam

Oleh : Nurul Mu’affah

blokTuban.comDesa Sumber merupakan sebuah desa yang secara administratif berada di Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Desa yang memiliki potensi di bidang pertanian ini berbatasan langsung dengan Desa Jenggolo Kecamatan Jenu di sebelah utara, Minggu (8/10/2023).

Desa Sumber memiliki wilayah seluas 139 Ha yang terdiri dari wilayah pemukiman warga seluas 39 Ha dan area pesawahan seluas 100 Ha.

Saat ini Desa Sumber memiliki penduduk sebanyak kurang lebih 1.547 jiwa. Mayoritas penduduk Desa Sumber mengandalkan sektor pertanian dengan hasil pertanian berupa padi dan jagung.

M. Rianto, perangkat Desa Sumber mengatakan kepada tim bloktuban saat diwawancarai mengenai sejarah asal-usul Desa Sumber, beliau menuturkan bahwa sejarah desa ini belum diketahui secara pasti, namun terdapat sebuah cerita yang berkembang di masyarakat hingga saat ini.

“Kalau asal-usul yang pasti kurang tau, cuma dari turun temurun kata orang tua itu karna kita ga punya sejarah yang pasti, tapi sumber itu diambil dari kata sumber air. Orang sumber itu dulu identik dengan air, tempat mencari ikan jadi belum ke dalam aja udah ada airnya,” tuturnya.

Adapun mengenai produk unggulan yang turun temurun hingga saat ini masih menjadi produk unggulan Desa Sumber yaitu gayam. Gayam berbentuk mirip jengkol, biasanya masyarakat sekitar mengolah gayam dengan cara direbus dan dijadikan keripik.

Triyono, Sekdes Sumber menambahkan bahwa di desa ini juga terdapat sebuah punden yang hingga saat ini masih digunakan masyarakat sekitar untuk melangsungkan tradisi manganan dan sedekah bumi yang dilaksanakan rutin pada setiap tahunnya dengan hiburan wayang yang digelar sehabis melaksanakan tradisi tersebut. [Af/Ali]