Dua Rumah di Palang Tuban Terbakar, Warga Pecahkan Kaca Jendela

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Pagi ini di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, terjadi dua titik kebakaran. Kejadian pertama terjadi di Desa Glodok, sedangkan kejadian kedua terjadi di Desa Leran Kulon, Senin (11/09/2023). 

Dari kedua kejadian tersebut menurut Kapolsek Palang AKP Carito, disebabkan karena korsleting listrik. 

"Kebakaran di dua titik di Kecamatan Palang, disebabkan karena korsleting listrik," ujar AKP Carito

Lebih lanjut Carito menceritakan jika kejadian pertama di Desa Glodok, terjadi di gudang ikan basah milik Mujiono pada pukul 07.30 WIB. 

Mengetahui adanya kobaran api yang semakin membesar kemudian masyarakat memanggil satu unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api. 

"Tadi untuk memadamkan api masyarakat dibantu dengan satu unit mobil pemadam kebakaran," imbuhnya. 

Selang satu jam api kemudian berhasil dipadamkan, dan untungnya dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. 

"Alhamdulillah tidak ada korban," bebernya. 

Kemudian untuk kejadian yang kedua terjadi di Desa Leran Kulon pada pukul 09.30 WIB. Kejadian ini juga disebabkan karena adanya korsleting listrik dari alat elektronik berupa kulkas yang ada di dalam rumah tersebut. 

Menurut Carito rumah tersebut merupakan rumah kosong yang tak berpenghuni, sebab rumah tersebut ditinggal oleh pemiliknya merantau menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di negara Hongkong. 

"Rumah tersebut ditinggalkan pemiliknya ke negara Hongkong," katanya. 

Karena ditinggal pemiliknya ke luar negeri, rumah tersebut pun dalam keadaan terkunci. Api yang semakin membesar di dalam rumah tersebut, mengharuskan warga memecah kaca jendela guna melakukan upaya pemadaman agar api tidak semakin membesar. 

Namun, api masih berkobar dan warga kemudian memanggil petugas pemadam kebakaran Kabupaten Tuban, kemudian 2 unit mobil Damkar tiba di lokasi kebakaran dan langsung melakukan pemadaman. Akhirnya apipun berhasil dipadamkan. 

"Untuk memadamkan di Leran kulon tadi datang 2 unit mobil pemadam kebakaran," pungkasnya. 

Agar kejadian serupa tidak terulang Carito menghimbau agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati. Serta tetap antisipasi kebakaran baik korsleting listrik maupun akibat pembakaran sampah serta pembuangan puntung rokok sembarangan. [Nur/Ali]