Kolaborasi Bikin Lilin Aroma Terapi untuk Ringankan Gejala Stres

Penulis : - 

blokTuban.com - Lilin saat ini bukan sekedar untuk menerangi ruangan saat lampu padam. Namun, seiring bertambahnya kebutuhan konsumen, lilin juga dimanfaatkan sebagai aroma terapi untuk meringankan gejala stres. 

Menangkap kebutuhan tersebut, kelompok mahasiswi KKN PAR 2023 Institut Agama Islam Al Hikmah Tuban di Desa Mojoagung, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban menggelar pelatihan membuat lilin aroma terapi. Mereka berkolaborasi dengan tim PKK desa setempat, Minggu (10/9/2023). 

Dalam pembuatan lilin tersebut, turut sebagai narasumber yaitu Nur Umi Faida (Ketua PKK Desa Mojoagung) dan Nurul Novitasari (Dosen IAI Al Hikmah Tuban). 

Dalam kesempatan itu, Nur Umi Faida beliau mengatakan pelatihan lilin aroma terapi ini dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan seperti lilin, pewarna/crayon, minyak goreng, sumbu lilin, gelas kecil, aroma oil esensial (asli dari bibitnya/bisa juga menggunakan minyak kayu putih). 

Setelah bahan semua tersedia, tim kemudian memulai membuat lilin aroma terapi. Langkah pertama, lilin dan crayon diserut sampai halus lalu dimasukkan ke dalam gelas aluminium.

Berikutnya dipanaskan ke dalam Loyang yang telah dipanaskan. Sambil menyeduhkan lilin dan crayon yang sudah diserut, kemudian masukkan minyak goreng sebanyak 3 sdm lalu diaduk-aduk hingga mencair. 

Setelah mencair dituangkan ke dalam gelas berukuran kecil dan ditetesi aroma dari oil tersebut. Terakhir tancapkan sumbu lilin dan menunggu hingga lilin padat kembali. 

"Dengan takaran 1 gelas 1-2 biji lilin," kata Nur Umi Faida.

Disambung Nurul Novitasari menyampaikan manfaat yang terdapat pada lilin aroma theraphy ini. Di mana lilin aroma terapi ini bisa digunakan untuk pewangi rumah atau dalam ruangan apapun. 

Manfaat lain dari lilin juga untuk relaksasi tubuh dan menciptakan ketenangan, serta membantu meringankan gejala stress dengan menurunkan hormone kortisol dalam tubuh. 

"Dapat mendukung suasana hati yang positif dan dapat meningkatkan energi bagi tubuh. Bagi berminat bisa juga dimanfaatkan untuk berbisnis,” tutupnya. [*/Ali]