Operasi Zebra Semeru 2023, Kapolres Tuban: Ada 7 Daftar Pelanggaran yang Akan Ditindak

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Selama 14 hari, mulai dari tanggal 4 hingga 17 September 2023 mendatang Polres Tuban akan mengadakan Operasi Zebra Semeru 2023.

Kapolres Tuban AKBP Suryono, kepada wartawan mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

"Kegiatan Ini dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia," ujar Kapolres Tuban AKBP Suryono. 

baca juga:

- Agar Tidak Kena Tilang, Catat Jadwal dan Lokasi operasi Zebra 2023 di Tuban

 

- Dipasang di 2 Titik di Kabupaten Tuban, Kamera Etle Statis Belum Bisa Beroperasi Langsung

Suryono menambahkan bahwa dalam operasi kali ini terdapat 7 sasaran prioritas diantaranya: 

1. Pengemudi menggunakan Ponsel saat berkendara, 

2. Pengendara dibawah umur. 

3. Tidak menggunakan safety belt. 

4. Tidak menggunakan helm SNI. 

5. Berboncengan lebih dari satu orang. 

6. Melebihi batas kecepatan. 

7. Melawan arus yang serta mengemudi dalam pengaruh alkohol.

Lebih lanjut Suryono mengatakan dalam operasi Zebra kali ini akan dilaksanakan secara mobile di seluruh wilayah Kabupaten Tuban. Selain melakukan kegiatan yang bersifat edukatif juga akan dilakukan penegakan hukum bagi masyarakat para pengguna jalan melanggar tata tertib peraturan berlalu lintas dengan mengedepankan Tilang Elektronik.

"Kita kedepankan Incar, mengedepankan pembinaan dan edukasi kepada masyarakat untuk tertib dan patuh terhadap aturan berlalu lintas," imbuhnya. 

Selain itu Operasi Zebra Semeru 2023 ini juga penggunaan mobil Incar akan semakin di memaksimalkan, untuk melakukan penindakan kepada pelanggar lalu lintas. 

Suryono juga sudah mendorong kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, untuk melengkapi kamera pada titik-titik di dalam kota yang rawan pelanggaran lalu lintas.

"Kita akan dorong kembali supaya ada titik-titik yang bisa dimanfaatkan untuk Incar sehingga Polisi tidak perlu melakukan Tilang secara manual," imbuhnya.

Pria kelahiran Bojonegoro ini  berharap dengan dilaksanakannya Operasi Zebra Semeru 2023, masyarakat bisa patuh dan taat terhadap aturan berlalu lintas

"Sehingga akan meminimalisir pelanggaran dan angka kecelakaan yang berdampak pada jiwa dan harta benda," bebernya.[Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS