KGBN Tuban Gelar Temu Pendidik Nusantara X

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Tuban menggelar acara Temu Pendidik Nusantara (TPN) X. Acara berlangsung di Auditorium IAINU Tuban, Minggu (3/9/2023). 

Kegiatan ini dihadiri sekitar 150 guru dari berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Tuban dan juga dari kabupaten tetangga, antara lain Gresik, Lamongan, dan Bojonegoro. 

Acara ini dikemas dengan sangat menarik dan meriah. Selain dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Tuban, BBGP Jawa Timur, Yayasan Guru Belajar Jakarta, hadir pula beberapa komunitas guru, seperti Ikatan Guru Indonesia dan Pergunu Kabupaten Tuban. 

Selain di Tuban, acara TPN X ini juga digelar serentak di 50 kabupaten/kota se Indonesia. TPN X kali ini mengusung tema “Tumbuh Berkelanjutan Perubahan Pendidikan Melampaui Ruang Kelas”. 

Artinya, pendidikan tidak hanya berhenti di ruang-ruang kelas saja, tetapi bisa dimulai di mana saja, termasuk dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media dan sumber belajar.  

Salah satu acara yang menarik adalah talkshow pendidikan bersama Kepala Dinas Pendidikan, Ketua KGBN Tuban, BBGP Jawa Timur, dan YGB Pusat, yang dipandu oleh M. Makhdum dari KGBN Tuban. 

Dalam talkshow tersebut, Ketua KGBN Tuban, Eva Septiana Rahayu menyampaikan bahwa TPN X ini sebagai ikhtiar untuk membuka ruang kolaborasi dengan para guru dari semua jenjang pendidikan melalui kegiatan berbagi praktik baik pembelajaran dalam rangka peningkatan kompetensi guru, terutama terkait dengan implementasi Kurikulum Merdeka. 

Kepala Dinas Pendidikan, Bapak Abdul Rahmat mengapresiasi acara ini dan berpesan pada semua guru agar terus belajar, berbagi, dan berkolaborasi. 

“Senjata terkuat kemajuan pendidikan terletak pada guru sebagai garda terdepan pejuang pendidikan. Mindset guru sebagai pendidik harus diubah, apapun kurikulumnya, sebagai guru harus tetap mau belajar di mana pun, kapan pun, dan dari siapa pun”.

Putut Wijayanto, mewakili Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Timur, sangat mendukung penuh kegiatan ini, karena telah membantu pemerintah dalam upaya peningkatan kompetensi guru serta mengakselerasi implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dan madrasah. 

Kegiatan inti dari TPN X ini adalah berbagi praktik baik pembelajaran dan Cerdas Cermat Guru (CCG). Dalam berbagi praktik baik, ada dua kelas yang diampu, yaitu Kelas Kemerdekaan dan Kelas Kompetensi/Karier. 

Para peserta dapat belajar bersama narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing. KGBN Tuban berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi para guru untuk terus bergerak mewujudkan merdeka belajar di nusantara, khususnya menggerakkan ekosistem belajar para guru di Kabupaten Tuban. [*/Ali]