Lahan Kilang Minyak PT Pertamina Tuban Terbakar, 5 Jam Api Belum Bisa Dipadamkan

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Kebakaran hebat terjadi di lahan kosong kilang minyak milik PT Pertamina Grass Root Refinery (GRR) Tuban yang terletak di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Api yang mulai membakar lahan semak tersebut terjadi dari pukul 13.30 WIB  hingga petang ini belum bisa dipadamkan, Senin (04/9/2023). 

Menurut Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tuban Gunadi bahwa untuk memadamkan api ini petugas Damkar sudah menerjunkan total 13 mobil dan 30 personil baik dari Damkar maupun Satpol PP. 

"Total mobil yang sudah dikerahkan ada 13 itu termasuk mobil water supply dan mobil damkar," ujar Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tuban Gunadi. 

Lebih lanjut Gunadi menambahkan bahwa area yang terbakar merupakan lahan kosong yang dipenuhi semak belukar kayu kering. 

baca juga:

Kasus Kebakaran di Tuban Terus Bertambah, Terbaru Warung di Jalur Pantura

- Ulah Tangan Tak Bertanggung Jawab, Kebakaran Lahan Kembali Terjadi di Tuban

- Nenek di Soko Tuban Rugi Ratusan Juta Usai Rumahnya Terbakar

- Diduga Gara-gara Puntung Rokok, Pabrik Penyulingan Oli di Tuban Terbakar

Disinggung terkait kesulitan dalam memadamkan api tersebut, Gunadi menjelaskan bahwa kesulitan saat ini yaitu angin begitu kencang.

Menyebabkan api cepat merambat dan petugas harus bergegas cepat untuk menahan agar tiupan angin tidak membuat api cepat merembet ke lahan lainnya. 

"Kesulitan kita harus melawan angin yang begitu kencang ditambah pintu masuknya dari timur tidak ada jadi disisir dari arah selatan agar tidak meluas sampai menyeberangi jalan," sambungnya. 

Lokasi kebakaran Kilang GRR Tuban. (Foto: M Nurkholis/ bloktuban)

Untuk saat ini ia belum bisa memperkirakan berapa luasan lahan yang terbakar oleh kobaran api tersebut, serta untuk penyebab dari kebakaran ini Gunadi belum bisa menyimpulkan dari mana asal api tersebut.

Namun menurut Gunadi kebakaran Ini adalah kebakaran kali kedua setelah Kemarin sekitar 5 hektare lahan yang terbakar.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS