Resep Bakpao Karakter Jambu Monyet Lembut Isian Coklat

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Membuat bakpao sekarang dapat dikreasikan menjadi berbagai karakter. Seperti salah satunya  dapat dibentuk menyerupai jambu monyet.

Proses pembuatan bakpao karakter bisa melibatkan seni dekoratif dan tata letak bahan isian agar sesuai dengan desain yang diinginkan. 

Seperti resep bakpao karakter jambu monyet yang dibagikan oleh Irma Rays di situs cookpad berikut ini.

Bahan-bahan

Vla Coklat (untuk isian):

3 sdm coklat bubuk van houten (22 gr)

1 sachet dancow bubuk coklat (@39 gr)

3 sdm maizena (36 gr)

5 sdm gula pasir

2 sdm kental manis coklat

250-300 ml air

50 gr dcc colatta

2 sdm margarin (25 gr)

Bahan Pao:

250 gr terigu protein rendah (kunci biru)

3 sdm gula pasir

1 sdt ragi instan

150 ml air es

1/2 sdt baking powder

25 gr mentega putih

1/2 sdt garam

1 sdt minyak sayur

1 sdt pewarna hijau muda

secukupnya pewarna merah cabe, pasta pandan, dan pasta mocca

 

Cara Membuat

1. Buat vla: Campurkan coklat bubuk, susu bubuk, maizena,gula pasir, kental manis, dan air, aduk rata. 

2. Masukkan dcc,masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mengental dan meletup-letup. Masukkan margarin, masak sambil diaduk hingga mengental berat.

3. Masak hingga vla tidak menempel di panci (kalis). Bisa buat vla nya kental dan berat supaya mudah meletakkannya di atas adonan pao nantinya. Setelah dingin, vla akan semakin kental. Sisihkan.

4. Buat Pao: Di wadah campurkan terigu, gula pasir, dan ragi instan. Tuang air, aduk rata. Masukkan baking powder, mixer hingga setengah kalis.

5. Tambahkan mentega putih dan sejumput garam, kemudian tambahkan minyak sayur.mixer hingga benar-benar kalis elastis. Jika dirasa adonan terlalu lembek dan lengket karena kebanyakan air, bisa ditambahkan 1-2 sdm terigu.

6. Ambil sedikit adonan,beri pasta pandan dan pasta mocca secukupnya untuk membuat motif daun dan tangkai nantinya.

7. Tambahkan secukupnya pewarna hijau muda pada sisa adonan. Mixer hingga warna mudah tercampur rata.

8. Timbang adonan @35 gr,bulat-bulatkan. Pipihkan adonan, biarkan bagian tengahnya lebih tebal supaya nantinya tidak bocor. Beri isian vla coklat di atasnya.

9. Bulat-bulatkan kembali, balut vla dengan adonan pao hingga tertutup.Cubit2 adonan hingga tertutup rapat. Letakkan bagian yang dicubit-cubit di bagian bawah pada kertas roti atau paper cup.

10. Tutup dengan kain bersih, diamkan 20-30 menit. Sebelum 30 menit panaskan kukusan, jika pakai kukusan biasa tutupnya dialasi serbet.

11. Setelah pao didiamkan, kukus dengan api sedang cendrung kecil selama 8 menit. Matikan api dan biarkan didalam kukusan selama 2-3 menit, baru kemudian tutup kukusan dibuka. Selagi hangat, tekan telunjuk pelan di tengah-tengah pao.

12. Di piring kecil, Letakkan secukupnya pewarna merah cabe, beri sedikit air. Lapisi atasnya dengan tisu, kemudian tempelkan sikat gigi pada pewarna.

13. Gesekkan sikat menggunakan gagang sendok hingga air disikat mengenai pao, maka akan terbentuk gradasi warna merah pada pao. Beri gradasi sesuai selera, mau lebih merah atau sedikit saja. Lakukan kepada semua pao.

14. Ambil adonan coklat, bentuk tangkai letakkan di tengah-tengah cekungan pao. Jika ingin bentuk apel, tangkainya kecil saja karena akan mengembang ketika dikukus.

15. Letakkan adonan berbentuk daun, sayat dengan pisau untuk membentuk tulang daunnya.

16. Lakukan hingga semua pao bertangkai dan berdaun.Kukus kembali selama 2-3 menit hingga tangkai dan daun masak, dan pao berubah warnanya.

17. Angkat, gunting pinggiran kertas pada pao.

18. Pao Jambu Monyet siap disajikan

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS