Pemdes Ngino Optimis Jadi Desa Wisata Tuban Berskala Nasional Tahun 2025

Penulis: Leonita Ferdyana Harris

blokTuban.com - Sukses dengan pembukaan wahana Sendang Asmoro, Desa Ngino yang terletak di Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban ini berambisi untuk berkembang menjadi desa wisata skala nasional tahun 2025 mendatang.

Konon asal-usul nama Desa Ngino ini berawal ditemukannya situs pomahan kobong atau bekas rumah terbakar milik ki Ageng Ngino di lokasi ini. Adapun nama Ngino sendiri memiliki arti kali atau sungai. 

Sesuai dengan namanya, desa ini memiliki tiga sumber air alamai yakni sendang yang sampai saat ini masih menjadi sumber kehidupan masyarakat dalam memenuhi segala kebutuhan hidup, baik berupa kebutuhan rumah tangga maupun pertanian.Salah satunya ialah sendang asmoro yang telah lama dibuka menjadi objek wisata.

Diwawancarai oleh tim blokTuban, Kepala Dusun (Kadus) Ngino, Tamiran mengatakan jika pihaknya berencana untuk kembali membuka wahana wisata baru, di Sendang Mangkung, yang terletak tidak jauh dari Sendang Asmoro. 

“Rencananya kita mau buka jenis wahana baru di Sendang Mangkung, fasilitasnya yang bisa dibuat untuk adventure dan outbond anak-anak sekolah,” Ujarnya. 

Kantor Desa Ngino, Semanding - Tuban. (Foto: Leonita Ferdyana Harris/ bloktuban)

Dalam upaya menuju desa wisata nasional, lanjutnya, maka aparatur desa setempat sudah menggagas beberapa action plan yang telah terpajang rapi di balai desa. Dimana, action plan tersebut berupa penyusunan road map, analisis swot, mapping potensi, penyusunan master plan, hingga konsolidasi internal dan eksternal.

Selain itu, terdapat pula beberapa wacana program yang digagas oleh pihak desa selain pembangunan wahana di sendang, seperti halnya pengembangan bank sampah, pembangunan homestay, pembangunan sanggar budaya dan griya seni, mengadakan budidaya ikan, dan masih banyak program lainnya.

“Harapannya, semua rencana yang sudah dirundingkan dari lama ini dapat segera terlaksana tanpa kendala yag berarti. Desanya maju, masyarakatnya berkembang,” tutupnya. [Leo/Dwi]

 

*Penulis merupakan mahasiswa aktif Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang magang di media blokTuban.com. 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS