Dinkes Tuban Himbau Masyarakat Waspada DBD Selama Penguatan El Nino

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Tuban, menghimbau kepada seluruh masyarakat agar waspada terhadap penyebaran Demam Berdarah Dengue.

Hal tersebut, menyusul adanya fenomena penguatan pemanasan suhu muka laut atau yang biasa disebut dengan El Nino. Pasalnya, pada saat El Nino terjadi maka dapat menyebabkan terjadinya kekeringan, sehingga masyarakat menjadi rentan terserang penyakit DBD.

Sekretaris Dinkes P2KB Kabupaten Tuban, Atiek Supartiningsih mengatakan jika perubahan iklim yang terjadi, biasanya akan diikuti peningkatan kasus dengue. Kondisi itu, lantaran peningkatan suhu dapat meningkatnya insidensi dengue.

“Replika virus meningkat, jika temperature meningkat. Terdapat keterkaitan antara peningkatan suhu dan siklus menghisap nyamuk, (siklus gonotropik) dan kemampuan penularan,” paparnya kepada blokTuban.com, Jumat (7/7/2023).

Pada umumnya, nyamuk sendiri akan menghisap darah setiap dua hari sekali pada suhu sampai 30 derajat celcius. Sehingga, kenaikan suhu akan berdampak pada meningkatnya kemampuan nyamuk, untuk menularkan penyakit.

Oleh karena itu, perempuan yang akrab disapa Atiek ini juga meminta kepada masyarakat di Kabupaten Tuban, untuk senantiasa melakukan pencegahan, terhadap potensi serangan penyakit DBD tersebut, dengan melakukan beberapa kebiasaan.

Seperti halnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta rutin melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), dengan menguras, menutup ataupun mengubur.

“Sebenarnya tidak sulit untuk melakukan pencehannya, masyarakat harus selalu menerapkan PHBS atau Pola Hidup Bersih dan sehat, kemudian rutin melakukan PSN 3M-Plus disekitar wilayah tempat tinggalnya, baik itu rumah, sekolah, maupun kantor,” jelasnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS