Workshop Pantomim, Pemuda Bergerak Foundation Ajarkan Seni Pertunjukan Pantomim Pelajar SD di Tuban

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Tampak ramai siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) beserta beberapa guru Taman Kanak-kanak (TK) dan SD, sedang mengikuti workshop pantomim yang diselenggarakan oleh Pemuda Bergerak Foundation (PBF) Plumpang, di Twin Cafe yang terletak di Desa/Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Sabtu (24/06/2023). 

Dalam kegiatan workshop ini para peserta pertama-tama akan dibekali materi terkait pantomim. Usai mendapatkan materi oleh mentor, para siswa-siswi ini akan diajarkan beberapa gerakan dasar pantomim. 

Usai mendapatkan materi terkait gerakan dasar pantomim, kemudian para peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk selanjutnya diajarkan bagaimana merias wajah sebelum pentas pantomim. 

Kemudian usai kedua materi ini disampaikan, para peserta langsung melakukan pentas secara bergantian dengan urutan nomor kelompok masing-masing. 

Menurut Ketua PBF Plumpang Bambang Budiono, bahwa kegiatan workshop pantomim ini dilakukan untuk mengenalkan pantomim bagi siswa-siswi serta para tenaga pengajar, yang ada di wilayah Tuban Selatan.

"Tujuan utamanya yaitu kita ingin memperkenalkan pantomim kepada beberapa anak yang ada di wilayah Tuban Selatan," ujar Ketua PBF Plumpang Bambang Budiono kepada blokTuban.com, Sabtu (24/06/2023). 

Lebih lanjut Bambang menambahkan bahwa workshop kali ini diikuti oleh 5 sekolahan, dari Kecamatan Plumpang, Widang, bahkan ada beberapa anak yang mengikuti Workshop ini dari Kabupaten Lamongan. 

"Total ada sekitar 100 an siswa yang mengikuti kegiatan workshop ini," imbuhnya.

Pemilihan Pantomim sebagai materi workshop menurut pria yang akrab disapa Bambang ini, karena dengan Pantomim dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan motorik pada anak usia sekolah dasar.

Ditempat yang sama Siti Khodijah salah satu guru pendamping SDN 5 Plumpang mengatakan, bahwa dengan adanya workshop ini merupakan salah satu kegiatan yang positif untuk para siswa-siswinya. 

"Ini merupakan kegiatan yang bagus dengan begitu para siswa-siswi bisa mengenal wawasan pantomim,"

Di acara ini Siti Khodijah mengajak sekitar 60 siswa-siswinya mulai dari kelas 4,5 dan 6 untuk mengikuti kegiatan ini.

Wanita yang akrab disapa Siti ini berharap usai kegiatan ini para murid nya bisa termotivasi untuk mengenal dan berkarya melalui pantomim. 

Sebagai informasi tambahan dalam kegiatan workshop pantomim ini PBF Plumpang juga disupport oleh beberapa pihak seperti, pemilik Twin Cafe sebagai penyedia tempat dan juga Otoritas Jasa Keuangan (OJK). [Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS