Keren! Pemuda di Tuban Ini Rela Kotor Demi Selamatkan Lingkungan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Di tengah sikap apatis masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, sejumlah pemuda di Kabupaten Tuban, yang tergabung dalam grup Kurowo Tim, hadir untuk melakukan gerakan bersih-bersih sampah.

Pasalnya, tak bisa dipungkiri jika sampai saat ini, keperdulian masyarakat untuk menjaga lingkungan, masih sangat rendah. Bahkan mirisnya, masih banyak yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Padahal, menjaga lingkungan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Sebab, dengan begitu maka kita juga turut menjaga eksosistem yang ada di dalam bumi.

Kepada blokTuban.com, Ketua Kurowo Tim, Ahmad Trio Fanny mengatakan bahwa grup yang beranggotakan sembilan pemuda tersebut, dibangun dari keperihatinan kepada masyarakat yang masih acuh terhadap lingkungan sekitar.

“Awal mula kurowo ini berdiri, yaitu pada saat kita ngopi bareng yang terkadang di sekitar tempat ngopi ini, masih kurang kesadaran dalam hal membuang sampah,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Sabtu (10/6/2023).

Selain itu, aksi bersih-bersih sampah yang menjadi fokus grup ini sendiri, dilatar belakangi dari dampak yang ditimbulkan akibat penumpukan sampah tersebut. Mulai dari aroma yang tidak sedap, banjir, hingga membuat kualitas hasil panen dan keselamatan petani terancam, akibat masuknya sampah ke area persawahan.

Oleh karena itu, Trio Sapaan akrabnya bersama dengan anggota lainnya, berinisiatif untuk membersihkan saluran-saluran air, yang penuh dengan sampah atau bahkan beralih fungsi menjadi tempat sampah.

“Masalah sampah sendiri sebenarnya sudah menjadi rahasia publik, kurangnya kesadaran bahkan keperdulian dalam mengelola sampah, bisa membawa dampak yang tidak main-main,” katanya

Pemuda asal Kecamatan Rengel ini juga menambahkan, bahwa aksi yang dilakukannya tersebut, dilakukan rutin setiap weekend. Biasanya, lokasi yang dituju ialah tempat-tempat yang dialih fungsikan sebagai tempat sampah.

Lebih lanjut, selain sembilan anggota dari kurowo tim, biasanya mereka juga melakukan bersih sampah dengan bekerjasama dengan pihak-pihak lain. Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin ikut membantu atau bekerjasama, dapat menghubungi akun Instagram kurowo tim @bolo_kurowo.id.

“Pemikiran masyarakat kita, dengan membuang sampah ke sungai maka masalahnya akan selesai, biar air yang membawa masalah itu pergi. Namun, kenyataannya malah memunculkan masalah baru seperti pencemaran air, dan lebih buruknya adalah banjir,” pungkasnya. [Sav/ Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS