Alasan Nyelameti dengan Kembang Setaman yang Melekat Bagi Nelayan Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kembang setaman sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam berbagai suasana. Seperti yang terjadi di Kabupaten Tuban pada Jumat (2/6/2023) siang.

Slamet Riyadi satu dari empat nelayan yang selamat dan ditemukan langsung disiram air kembang setaman oleh istrinya Jinab Warnipa (40). 

Sambil mengguyurkan air bunga di dalam ember ke kepala sang suami, terlihat wajah Jinab berkaca tak kuasa menahan air mata. Kembang seteman disiram ke suaminya agar kala atau hal buruk yang menempel lekas hilang. 

"Alhamdulilah ya Allah, selamat semua pak," tutur Jinab. 

Selain untuk nyelameti sanak keluarga yang lolos dari maut, kembang setaman juga memiliki makna di setiap bunganya.

Seperti bunga Kanthil berarti kesuksesan lahir batin diperoleh dengan memanjatkan doa dan menghayati nilai - nilai luhur yang diajarkan oleh pendahulu. 

Bunga Melati menyampaikan pesan ketulusan dalam melakukan segala sesuatu. Lalu, bunga Mawar menyampaikan pesan agar tidak merasa memiliki segalanya di dunia ini. 

Bunga Kenanga mengandung pesan agar menyontoh segala tingkah laku baik dari leluhur. 

Tak hanya di Tuban, kembang setaman juga diberitakan ada di rumah keluarga Ken Admiral, korban penganiayaan Aditya Hasibuan anak AKBP Achiruddin Hasibuan. 

Dalam video amatir milik kakak kandung Ken Admiral, Dinda Safay dalam akun instagramnya, nampak banyak kembang setaman dan jeruk purut terbelah menjadi empat bagian berserakan di halaman rumah. 

Apapun tujuan penggunanya, kembang setaman selalu memiliki pesan mendalam agar apa-apa yang diinginkan dikabulkan.[Ali/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS