Tampil di Piala Dunia Panjat Tebing 2023, Begini Pesan KONI Tuban ke Eka Dian Krismawati

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Tuban berbangga karena salah satu atlet panjat tebing terbaiknya dapat tampil di kejuaraan dunia Internasional Federation of Sport Climbing (IFSC) di Jakarta 6-7 Mei 2023. Dia adalah Eka Dian Krismawati lahir pada 8 Juli 2000.

Secara resmi, Eka Dian ditunjuk oleh Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) untuk mengikuti kejuaraan dunia tersebut. Eka Dian bergabung di tim Puslatda Jatim dan membela Indonesia bersama 22 atlet panjat tebing lainnya. 

Sebagai tuan rumah, Indonesia mengeluarkan 23 atlet panjat tebing untuk bersaing dengan atlet dunia. Jawa Timur mengirim 3 atlet panjat tebing termasuk Eka Dian Krismawati. 

Sedang 20 atlet panjat tebing lainnya, berasal dari tim Pelatnas dan Puslatda provinsi lainnya. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban ikut bangga dengan kesempatan Eka Dian tampil di kejuaraan dunia. 

"Maksimalkan apa yang sudah dijalani selama latihan," ujar Sekretaris KONI Tuban, Zainal Maftuchien kepada media, Minggu (7/5/2023). 

Zen sapaan akrabnya, mengingatkan Eka Dian bahwa persaingan di kejuaraan dunia IFSC sangat ketat. Para atlet panjat tebing terbaik seluruh dunia akan datang ke Indonesia. 

"Momen ini harus dimaksimalkan untuk mendapatkan pengalaman sebanyak mungkin. Sebab, ini penting menjadi bekal masa depan panjat tebing Indonesia khususnya di Jatim dan Tuban," Imbuhnya. 

Dari Eka Dian, Zen mendorong para anak muda di Kabupaten Tuban untuk terus semangat. Sebab, kesempatan untuk ikut kompetisi kelas dunia masih terbuka lebar. 

"Terimakasih kepada FPTI Tuban yang telah membimbing Eka Dian. Mohon doanya dari masyarakat agar Eka Dian dapat tampil maksimal dan syukur bisa meraih medali," jelasnya. 

Kualifikasi IFSC World Cup 2023 nomor speed seru Jakarta selesai digelar pada Sabtu (6/5) malam WIB di Lot 6 Kawasan GBK, Senayan, Jakarta Pusat. Melansir sportstar, dari 22 atlet yang bersaing, Indonesia meloloskan 10 wakil putra putrinya. 

Diketahui, 120 atlet dari 24 negara mengikuti Piala Dunia Panjat Tebing 2023 di Jakarta. Namun, hanya peserta yang menduduki peringkat 16 besar di babak kualifikasi yang lolos ke babak final. [Ali/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS