Status Darurat Kesehatan Global Covid-19 Dicabut

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Tak sedikit masyarakat di seluruh duni, bersorak gembira usai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencabut status darurat kesehatan global Covid-19 atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).

Pencabutan status ini, resmi diumumkan oleh WHO Jumat (5/5/2023) malam, melalui situs resmi dari markas utamanya yang berada di Jenawa, Swiss. Keputusan ini, tentu dinilai sebagai langkah besar menuju berakhirnya Pandemi yang sudah merenggut jutaan jiwa di dunia.

"Dengan penuh harap, saya mengumumkan bahwa Covid-19 sebagai kegentingan kesehatan global sudah berakhir," ujar Direktur Jendral WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Kabar pencabutan status darurat kesehatan global Covid-19 tersebut, juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo. 

Menurutnya, kendati status kegawatdaruratan Pandemi sudah dicabut, namun Pemerintah tetap mengedepankan kesiapsiagaan dan kewaspadaan. 

"Iya betul (status darurat kesehatan global Covid-19 dicabut), jadi sudah dianggap seperti flu biasa," paparnya kepada blokTuban.com, Sabtu (6/5/2023). 

Kendati demikian, WHO menegaskan perlu adanya masa transisi untuk penanganan Covid-19 jangka panjang. Seperti halnya surveilans kesehatan di masyarakat, kesiapsiagaan fasilitas kesehatan, obat-obatan, serta mempersiapkan kebijakan kesehatan lainnya. Sebagai upaya untuk ketahanan kesehatan nasional dan kesiapsiagaan atas kemungkinan adanya Pandemi di masa yang akan datang. 

Oleh karena itu, Bambang sapaan akrabnya menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tuban untuk tetap memperhatikan dan menjalan Protokol Kesehatan (Prokes). Serta upaya vaksinasi juga terus dilakukan, untuk meningkatkan perlindungan bagi kelompok masyarakat yang paling beresiko. 

"Yang diharapkan adalah paradigma sehat masyarakat. Yaitu dengang menerapkan PHBS, yaitu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Sehingga semua aman, sehat dan juga nyaman," imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS