Puncak Kemarau 2023 Kabupaten Tuban Diprediksi Terjadi pada Agustus dan September

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Saat ini wilayah Kabupaten Tuban sudah memasuki musim kemarau, namun kapan sih, Puncak musim kemarau akan terjadi di Kabupaten Tuban.

Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma diprediksi Puncak musim kemarau di Kabupaten Tuban akan terjadi pada bulan Agustus dan September 2023.

“Diprediksikan Puncak musim kemarau di wilayah Kabupaten Tuban akan terjadi pada bulan Agustus dan September,” ujar Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma, kepada blokTuban.com, Sabtu (6/5/2023).

Pria yang akrab disapa Zem ini menambahkan, bahwa ketika puncak musim kemarau, intensitas hujan di wilayah Kabupaten Tuban akan berkurang, dan masyarakat perlu mewaspadai dampaknya, seperti fenomena kekeringan.

“Di puncak musim kemarau pasti ada beberapa wilayah yang memang memerlukan suplai air,” imbuhnya

Serta dari monitoring BMKG Kabupaten Tuban, disinyalir pada musim kemarau ini akan ada pertumbuhan fenomena El Nino sekitar bulan Juli.

Fenomena El Nino sendiri dapat menyebabkan berkurangnya curah hujan dan bisa menimbulkan kekeringan.

“Namun ini masih prediksi dan akan terus dimonitor oleh BMKG,” imbuhnya.

Untuk itu agar terus mendapatkan informasi terkait perkembangan cuaca dan fenomena lainnya di Kabupaten Tuban, Zem menghimbau agar masyarakat Tuban terus memantau informasi yang diberikan BMKG Tuban melalui website ataupun media sosial BMKG.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS