Program Wisata Pulang Kampung Dongkrak Jumlah Wisatawan di Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Program Wisata Pulang Kampung, yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disbudporapar) Tuban, selama Libur Lebaran 2023 kemarin, rupanya dapat mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Tuban, bahkan hingga empat kali lipat.

Kepala Disbudporapar Kabupaten Tuban, M Emawan Putra mengatakan pada momentum Libur Lebaran 2023 kemarin, kunjungan disektor pariwisata di Kabupaten Tuban meningkat signifikan dibandingkan sebelumnya.

“Saat Lebaran banyak orang-orang Tuban yang pulang kampung, untuk itu kami membuat event khususnya di tempat wisata yang kita kelola, baik Pantai Boom, Goa Akbar dan Bektiharjo,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (4/5/2023). 

Disamping itu, pihaknya juga mendorong para pengelola objek wisata lain, untuk membuat event yang menarik untuk menyambut para wisatawan yang datang untuk berkunjung. Dengan begitu, dampak yang ditimbulkan akan luar biasa.

Selain menambah pendapatan bagi para pengelola wisata, dampak lainnya ialah juga bisa berdampak pada kuliner ataupun oleh-oleh yang diproduksi oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Tuban.

“Dengan banyak yang datang itu, maka akan berbanding lurus dengan jumlah transaksi terhadap kuliner dan oleh-oleh. Dengan event-event itu harapannya semakin banyak yang datang,” lanjutnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Emawan ini menambahkan pada Libur Lebaran 2023 ini, terdapat kenaikan jumlah pengunjung sebanyak empat kali lipat dari tahun sebelumnya. Oleh karena itu, setiap tahunnya ia mengaku akan berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. 

Salah satunya, dengan menambah fasilitas-fasilitas yang ada di tiga tempat pariwisata yang dikelola oleh Pemkab Tuban, salah satunya ialah Wisata Pantai Boom.

“Kami ingin jalan ke arah Utara (Pantai Boom) cukup panjang, sekitar 1,5 kilometer. Sebagai salah satu atraksinya nanti akan menyediakan sepeda listrik ataupunn skutik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, total sementara wisatawan yang datang di Kabupaten Tuban pada momen Libur Lebaran 2023 kemarin ialah sebayak 95.494 orang, dari delapan destinnasi wisata yang ada di Tuban. Seperti halnya Wisata Silowo, Wisata Pelang, dan juga Air Terjun Nglirip.

Sementara tempat pariwisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan ialah Pantai Kelapa dan Makam Asmoroqondi. Sedangkan objek wisata yang dikelola Pemkab Tuban jumlah pengunjung sanngat meningkat pesat, seperti halnya Minggu (23/4/2023) lalu, Wisata Pantai Boom, BPemandian Bektiharjo dan juga Goa Akbar mendapatkan kunjungan sebanyak 4.027 orang dan pada Selama lalu (25/4/2023) total pengunjung mencapai 3.572 orang. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS