Lebaran Idul Fitri  2023 Berpontensi Beda Hari, Begini Himbauan Muhammadiyah Tuban

Reporter:  Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com  - Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau 1 Syawal di Indonesia, berpotensi mengalami perbedaan antara Pemerintah dan Muhammadiyah.

Pasalnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, telah mengumumkan jika Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal, jatuh pada (21/4/2023) mendatang. Keputusan tersebut, berdasarkan hasil Hisab Hakiki Wujudul Hilal, yag dijadikan pedoman oleh Majelis Tarjih Tajdid PP Muhammadiyah.

Sementara Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI belum memutuskan, dan baru akan menggelar Sidang Isbat terlebih dahulu Kamis (20/4/2023) nanti.

Terkait potensi terjadinya perbedaan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah ini, maka Tokoh Muhammadiyah Tuban, Edi Utomo menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Tuban, untuk saling menghormati dan  memahami perbedaan tersebut.

“Saya yakin, semua pasti bisa menerima, saling menghormati dan memahami dengan pilihan masing-masing,” terangnya kepada blokTuban.com, saat dikonfirmasi Kamis (20/4/2023).

baca juga:

Akan Diselenggarakan Besok, Ini Daftar Lokasi Salat Idul Fitri Muhammadiyah di Tuban

Diselenggarakan di 49 Titik, Ini Khatib Salat Idul Fitri 2023 Muhammadiyah di Wilayah Tuban Besok

Pasalnya, terjadinya perbedaan perayaan Hari Raya Idul Fitriatau penetapan 1 Syawal ini, bukan hanya terjadi satu kali ini saja, akan tetapi sudah sering terjadi. Oleh karena itu, Edi sapaan akrabnya, menyakini jika masyarakat di Kabupaten Tuban bisa saling memahami.

“Bagi kami umat Islam khususnya Muhammadiyah, sudah terbiasa menghadapi perbedaan,” katanya.

Lebih lanjut, saat ditanya terkait bagaimana perizinan pelaksanaan Salat Id di Kabupaten Tuban, Edi mengaku jika sejauh ini tidak ada masalah terkait hal tersebut.

Untuk itu, ia sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, dan semua pihak yang turut membantu, sehingga pelaksanaan Salat Idul Fitri berjalan dengan lancar.

“Di Tuban tidak ada masalah dan kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah, dan semua pihak yang membantu suksesnya pelaksanaan Salat Idul Fitri,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS