Tebar Jaring, Cara Unik Petani Tuban Halau Burung Pemakan Tanaman Padi

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Ada cara unik yang dipakai oleh petani di Kabupaten Tuban untuk menjaga tanaman padi mereka, agar tidak dimakan oleh burung pipit.

Salah satu cara unik yang dilakukan oleh petani untuk menjaga tanaman padi mereka dengan membentangkan jaring di atas tanaman padi, hal inilah yang dilakukan oleh petani di Desa Sugiharjo Kecamatan/ Kabupaten Tuban.

Menurut salah satu petani di sana Parno (50) mengatakan, bahwasanya cara ini dipakai untuk meminimalisir agar padi tidak habis dimakan burung pipit.

“Sebenarnya walaupun sudah dikasih jaring masih bisa dimakan, namun tidak banyak, dan jaring ini dapat mengurangi padi yang dimakan burung,” ujar Parno (50) kepada blokTuban.com, Senin (3/04/2023).

Saat ini untuk wilayah persawahan di Desa Sugiharjo bulir padi di sana sudah mulai tukul (Mublak) dan di masa ini biasanya para burung akan suka memakan bulir padi muda tersebut.

Selain upaya dengan dikasih jaring, upaya lain yang digunakan petani disana untuk menjaga tanaman padi mereka agar tidak dimakan burung yaitu dengan menjaganya setiap pagi dan sore hari.

“Selain kita kasih jaring kita juga selalu berjaga, di pagi dan sore hari,” imbuhnya.

Walaupun cara ini terbilang cukup memakan biaya karena harus menutupi semua pematang sawah menggunakan jaring, namun cara ini juga dirasa petani cukup efektif dari pada harus mengusir dengan cara berteriak.

Jaring sendiri akan dipasang menggunakan sebuah kayu yang ditancapkan di pinggiran sawah, setelah itu jaring di bentangkan dan di ikat dengan kayu tadi.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS