Belajar Mengenal Tanda Baca Al-Quran dan Huruf Hijaiyah Lengkap

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com – Perintah Allah SWT terhadap umat Islam salah satunya adalah membaca kitab suci Al-Qur'an. Penting diperhatikan, bagi pemula membaca Al-Qur'an harus mengetahui tanda baca yang menyertai huruf Hijaiyah.

Tanda baca atau harakat secara bahasa dapat diartikan sebagai gerakan. Namun, bila disematkan dalam huruf hijaiyah, harakat berperan sebagai sebagai tanda baca bagi huruf-huruf hijaiyah (al dhabt).

Dilansir dari laman NU Online, seorang mukmin yang senantiasa membaca Alquran digambarkan dalam hadits Abu Dawud, seperti buah yang wangi dan manis. Sedangkan seorang mukmin yang tidak suka membaca Alquran seolah-olah seperti buah yang rasanya manis akan tetapi tidak memiliki aroma wangi.

Berikut selengkapnya tanda baca lengkap beserta penjelasannya dan huruf Hijaiyah.

Tanda baca atau harakat Al-Qur'an

1. Fathah  ( ï¹· )

Fathah berbentuk garis horizontal kecil yang berada tepat di atas satu huruf hijaiyah. Harakat ini menandai fonem atau bunyi /a/.

Misal, huruf dal ( د ) yang disertai fathah ( َد ) menjadi berbunyi 'da'. Contoh lain huruf hijaiyah dengan harakat fathah: a (اَ), ba (بَ), ta (تَ), tsa (ثَ).

2. Kasrah ( ِ- )

Kasrah berbentuk garis horizontal miring kecil yang berada di bawah huruf hijaiyah. Harakat ini menandai fonem atau bunyi /i/.

Misal, huruf dal ( د ) yang disertai kasrah ( دِ ) menjadi berbunyi 'di'. Contoh lain huruf hijaiyah dengan harakat kasrah: ji (ج ِ), hi (حِ), khi (خ ِ), atau di (دِ).

3. Dhammah ( ُ- )

Dhammah berbentuk seperti wawu kecil yang terletak di atas satu huruf hijaiyah. Harakat dhammah menandai fonem atau bunyi /u/.

Contoh huruf hijaiyah dengan harakat dhammah: dzu (ذُ), ru (رُ), zu ( زُ), atau su (سُ).

4. Fathatain (ــًـ)

Harakat fathatain atau disebut juga tanwin fathah merupakan tanda baca yang berbentuk seperti dua garis miring kecil dan terletak di atas satu huruf hijaiyah.

Fathatain menghasilkan bunyi /an/ atau dilafalkan seperti fathah tetapi seperti bertemu dengan huruf nun mati.

Contoh huruf dengan harakat fathatain adalah qan (قً), fan (فً), 'an (غً).

5. Kasratain (ــٍــ)

Harakat kasratain atau disebut juga tanwin kasrah merupakan tanda baca yang berbentuk seperti dua garis miring kecil dan terletak di bawah satu huruf hijaiyah.

Kasratain menghasilkan bunyi /in/ atau dilafalkan seperti kasrah tetapi seperti bertemu dengan huruf nun mati.

Contoh huruf dengan harakat kasratain adalah tin (طٍ), yin (يٍ), dzin (ذٍ).

6. Dhammatain (ــٌـ)

Harakat dhammatain atau disebut juga tanwin dhammah merupakan tanda baca yang berbentuk seperti huruf wawu kecil rangkap dan terletak di atas satu huruf hijaiyah.

Dhammatain menghasilkan bunyi /un/ atau dilafalkan seperti dhammah tetapi seperti bertemu dengan huruf nun mati.

Contoh huruf dengan harakat dhammatain: nun (نٌ), لٌ (lun), mun (مٌ).

7. Sukun ( Ù’- )

Harakat sukun adalah penanda hilangnya vokal yaitu tanda mati sebuah huruf hijaiyah. Tanda baca ini tidak dibaca dan tidak menghasilkan bunyi apapun. Contoh huruf hijaiyah dengan harakat ini adalah almautu (الْمَوْتُ).

8. Syiddah atau tasydid ( Ù‘- )

Terakhir, harakat syiddah atau tasydid yang bermakna tanda baca yang berbunyi tebal atau huruf ganda. Contohnya adalah anna ( اَ نَّ) atau madda (مَدَّ).

Huruf Hijaiyah

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS