Ratusan Guru dari Tiga Kecamatan di Tuban Antusias Ikuti Workshop Anyaman Bambu

Reporter : Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Nampak ramai, ratusan guru Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) mengikuti workshop kerajinan anyaman bambu di Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Sabtu (11/02/2023).

Sebelum melakukan pelatihan anyaman, pertama-tama  peserta disuguhkan dengan  hiburan, penampilan wayang blang-bleng, dari ki Ompong Soedarsono yang berasal dari Temanggung Jawa Tengah.

Menurut ketua kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Zubaidi (30) Dalam kegiatan ini kurang lebih terdapat 200 guru yang mengikuti workshop yang berasal dari berbagai sekolahan yang ada di sekitar Kecamatan Plumpang.

“Ada 200 orang yang ikut kegiatan ini, mereka perwakilan dari guru SD/MI yang berada di Kecamatan Plumpang,Widang dan Rengel,” ujar ketua Pokdarwis Zubaidi (30)  kepada blokTuban.com, Sabtu (11/02/2023).

Setelah melihat pertunjukan wayang para guru ini diajarkan bagaimana menganyam sebuah kipas (Ilir),  dengan dibantu tututor dari warga sekitar yang notabene adalah pengrajin anyaman bambu.

Zubaidi berharap agar nantinya selepas dari kegiatan ini, para guru dapat membagikan ilmu yang telah didapat kepada para siswa-siswinya di sekolahan.

Kunjiati (45) salah satu peserta workshop dari SDN 5 Plumpang sangat senang dengan adanya kegiatan ini.

“Acara ini sangat menyenangkan saya dapat  pengalaman banyak terutama kerajinan anyaman,” ujarnya.

Dan setelah ini Kunjiati akan mengembangkan ilmu menganyamnya untuk diajarkan kepada anak didiknya. Para peserta tak hanya diajari membuat anyaman bambu usai kegiatan mereka di kasih kenang-kenangan sebuah kerajinan bambu.

Sebagai tambahan Desa Kebomlati saat ini tengah antusias melestarikan dan mengembangkan potensi desa berupa anyaman bambu, karena saat ini warisan leluhur berupa kerajinan anyaman bambu sudah mulai ditinggalkan.[Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS