Bagus Untuk Penambah Nafsu Makan Hewan, Yuk Intip Cara Pembuatannya

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com – Makanan merupakan salah satu komposisi penting, yang harus didapatkan oleh tubuh. Pasalnya, dengan makanan yang baik tubuh akan menjadi lebih bertenaga, sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih optimal.

Hal ini, tidak hanya berlaku bagi manusia, akan tetapi juga untuk binatang ternak. Agar tidak mudah terserang wabah penyakit, binatang harus mendapatkan asupan makanan yang banyak. Sebagai penunjang, maka diperlukan suplemen penambah nafsu makan.

Di Kabupaten Tuban sendiri, terdapat anak muda yang berhasil menciptakan inovasi penambah nafsu makan hewan. Ia adalah Ainun Macmudia dan M. Bakhtiyar Prayoga, yang menciptakan fermentasi tersebut sejak tahun 2020 silam.

Menurut Ainun, sapaan akrabnya, formula bahan yang terkandung dalam pembuatan  fermentasi tersebut ada berbagai macam. Mulai dari mineral sebanyak 20%, garam 5%, molasses atau tetes tebu 30%, urea 5% bentonite/semen putih 10% serta dedak atau jagung (sumber energi lain) sebanyak 30%.

“Sumber karbohidratnya adalah dedak, bekatul, jagung, dan empo. Sedangkan sumber proteinnya bisa bungkil kelapa, ataupun bungkil biji kapuk,” terangnya kepada blokTuban.com, Jumat (10/2/2023).

Jika  sudah mengetahui formula bahannya, lanjutnya, langkah pertama dalam membuatnya ialah dengan menyiapkan peralatan, seperti ember, alat pengaduk, hingga cetakan yang digunakan untuk mencetak Urea Mineral Molases Blok (UMMB) yang sudah jadi.

Selanjutnya, apabila seluruh bahan dalat sudah siap, maka selanjutnya molasses atau tetes tebu dan urea dimasukkan ke dalam wadah dan diaduk, dengan durasi kurang lebih selama 5 sampai 10 menit sampai urea larut.

Setelah itu, barulah masukkan garam dan mineral ditambah sedikit air, kemudian diaduk kembali kurang lebih selama 3 menit. Kemudian masukkan semen, dedak dan aduk hingga tercampur merata.

“Kalau sudah tercampur semua, baru UMMB bisa dicetak dengan cetakan yang sudah disiapkan tadi, dan jika sudah siap untuk diaplikasikan ke hewan ternak,” kata Mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini.

Lebih lanjut, perempuan berkacamata ini menambahkan, bahwa cara mengaplikasikan fermentasi penambah nafsu makan, yang diperuntukkan kepada hewan ternak ini,  dapat diberikan satu hingga dua kali dalam sehari. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS