Memberi Contoh, Jadi Cara Efektif Mendidik Anak Sejak Dini

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com – Sebagai orangtua yang memiliki anak, tentu harus bisa menjaga atau merawatnya dengan baik, serta memastikan anak bertumbuh kembang optimal sampai pada usia dewasa.

Agar anak dapat tumbuh menjadi baik, maka orangtua harus mengetahui bagaimana cara mendidik anak, yang baik dan benar sejak usia dini. Pasalnya, masa-masa yang kritis bagi perkembangan otak anak, adalah pada saat ia berumur 0 bulan.

Pada umumnya, masa ini banyak disebut sebagai masa keemasan, dimana perkembangan otak anak terjadi begitu pesat dan cepat. Bahkan, otak anak dapat menyerap pengalaman-pengalaman baru lebih cepat, dari anak yang berusia 3 tahun

Oleh karena itu, pada usia anak yang masih sangat dini, orangtua harus menanamkan didikan yang baik bagi anak. Kepala Sekolah TK Al-Quran Plus Baik, Kusmiyatun mengungkapkan untuk menanamkan karakter baik kepada anak, maka hal yang perlu dilakukan ialah memberikan anak  contoh.

“Anak-anak TK itu belum bisa diarahkan seperti anak SD ataupun SMP, kalau anak usia segini itu cenderung memberikan contoh,” ujarnya kepada blokTuban.com, saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (11/2/2023).

Sebab, lanjutnya, jika anak hanya dinasehati atau diberitahu tanpa disertai dengan contoh. Maka anak belum tentu akan melakukannya, namun apabila diberi contoh mulai dari hal-hal kecil, maka anak akan cenderung lebih menirukan dengan menyerap pengalaman yang dilihat oleh matanya.

Adapun hal-hal kecil yang bisa dicontohkan untuk menamkan karakter baik kepada anak, diantaranya seperti tingkah laku serta keseharian yang baik kepada anak. Dengan bbegitu, maka otak anak cenderung akan terpacu pada perbuatan-perbuatan baik, dan akan menirunya.

“Contohnya seperti di toilet, biasanya ada anak yang disuruh duduk tidak mau karena takut kotor, padahal adabnya itu harus duduk. Seperti itu kita kasih tahu dengan cara mempraktikkan, mulai dari kaki yang didahulukan untuk melangkah masuk sampai keluar kamar mandi,” jelasnya.

Lebih lanjut, perempuan ramah ini juga menambahkan, jika contoh-contoh baik yang diajarkan pada anak sejak usia dini, nantinya akan dapat berpengaruh terhadap karakter anak pada masa dewasa. Oleh karena itu, ia berharap agar ke depannya seluruh ajaran-ajaran yang telah diberikan kepada seluruh anak didiknya, dapat berguna bagi anak pada pendidikan yang lebih tinggi nantinya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS