BMKG Tuban Himbau Nelayan Waspada Gelombang Tinggi Imbas Cuaca Buruk

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Cuaca Buruk yang melanda Kabupaten Tuban beberapa hari belakangan ini, nampaknya masih terus berlanjut. Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, memprediksi jika akan terjadi gelombang tinggi di perairan Utara Tuban. 

Hal tersebut, terjadi lantaran kondisi dinamika atmosfer di sekitar wilayah Jawa Timur cukup signifikan. Sehingga berpotensi mengakibatkan cuaca ekstrem di wilayah Kabupaten Tuban, hingga satu minggu ke depan. 

"Kondisi ini memicu peningkatan pertumbuhan awan konvektif, yang cukup masif dan berpotensi menyebabkan hujan, dengan intensitas sedang-lebat dan peningkatan kecepatan angin," ujar Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma, Rabu (4/1/2023). 

Menurut Zem, sapaan akrabnya, jika kondisi tersebut, juga berpengaruh terhadap tinggi gelombang di perairan Utara Tuban. Bahkan diprediksi tinggi gelombang laut jika saat ini, tinggi gelombang mencapai 3 meter. 

Untuk itu, ia menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Tuban, khususnya para nelayan agar selalu waspada, terhadap kondisi cuaca yang dapat berubah-ubah dengan cepat. Bahkan, dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi. Seperti halnya banjir ataupun pohon tumbang. 

"Untuk kondisi tinggi gelombang di perairan Utara Tuban, hari ini dan besok masih dalam kategori tinggi (maksimal 3 meter). Sedangkan tanggal 6 dan seterusnya, diperkirakan gelombang akan semakin rendah (maksimal 1.5 meter)," jelasnya. 

Lebih lanjut, Zem juga menambahkan bahwa masyarakat yang memiliki aktivitas di wilayah perairan, untuk selalu melihat prediksi gelombang yang telah dikeluarkan oleh BMKG. Seperti halnya peringatan dini 3 harian, ataupun peringatan dini yang dikeluarkan setiap  2 atau 3 jam sekali. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS