Malam Pergantian Tahun, Tuban Steril dari Konvoi dan Pesta Kembang Api

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Malam pergantian tahun 2023, diprediksi akan lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Seiring dengan meredanya Pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia selama 2 tahun ini.

Meski  demikian, pemerintah melarang masyarakat untuk merayakan pergantian tahun baru dengan berhuru-hara. Seperti halnya melakukan pesta kembang api ataupun melakukan konvoi di jalan raya, karena dapat menganggau ketertiban dan keamanan masyarakat.

Untuk memastikan keamanan pada malam tahun baru 2023 mendatang, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) bersama TNI-Polri akan menggelar patroli, guna mengantisipasi terjadinya huru-hara.

“Kami bersama Kepolisian dan instansi terkait, akan melakukan beberapa langkah, yaitu melaksanakan penyekatan dititik-titik jalan,” ungkap Kepala Satpol PP-Damkar Tuban, Gunadi kepada blokTuban.com, Jumat (30/12/2022).

Baca juga:

Malam Tahun Baru, Satlantas Polres Tuban Siapkan 18 Titik Penyekatan Knalpot Brong

Selain itu, lanjutnya, petugas di lapangan juga akan melakukan sterilisasi kota dari konvoi, hingga melakukan tindakan tegas dengan membubarkan keramaian, yang dapat memicu keamanan, ketentraman dan juga ketertiban bagi masyarakat.

Bahkan, ia menambahkan jika nantinya, petugas Satpol PP se-Jawa Timur akan melakukan patroli SIJALINMAJATARU 2023 atau Patroli Sigap Jaga Lindungi Masyarakat Jawa Timur 2023, secara serentak di seluruh desa dan juga kelurahan secara hybrid.

“Yang desa atau kelurahan, kami mencoba mengoptimalkan peran desa dan Linmas, untuk melakukan patroli lingkungan dengan rasa kekeluargaan dan gotong-royong,” jelasnya.

Dengan demikian, maka Gunadi menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Tuban, untuk tetap menjaga kondusifitas keamanan, ketentraman, dan ketertiban umum di lingkungannya masing-masing.

“Lebih baik pergantian malam tahun baru diisi dengan kegiatan yang bernuansa damai, dan tidak dengan hura-hura. Misalnya diisi dengan doa bersama,” pungkasnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS