Berikut Tips Memilih Ikan Segar Untuk Dibakar Saat Tahun Baru

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Menjelang pergantian tahun baru, masyarakat sering menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama sanak keluarga ataupun teman-teman sebaya. 

Entah itu sekedar nongkrong, jalan-jalan, berwisata, ataupun menghabiskan waktu dengan sekedar membakar berbagai macam ikan. 

Saat memilih ikan yang hendak dibakar, tak jarang masyarakat merasa bingung bagaimana cara memilih ikan yang benar-benar segar. Karena pemilihan ikan yang segar akan berpengaruh pada rasa daging ikan saat dibakar nantinya. 

Oleh karena itu, sebelum membeli ikan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pembeli agar bisa mendapatkan ikan yang masih dalam kondisi yang segar. 

Salah  seorang nelayan di Desa/Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Ainul Rohman yang sudah bergelut dengan ikan bertahun-tahun, membagikan tips, cara memilih ikan yang segar untuk di bakar saat tahun baru. Menurutnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya ialah:

 

1. Pastikan Warna Pada Ingsan Ikan 

Langkah pertama, yang harus dilakukan oleh pembeli yaitu melihat insang dari ikan tersebut. Dikatakan Ainul jika insang ikan yang masih segar akan cenderung berwarna kemerah-kemerahan. Sedangkan ikan yang sudah lama insang nya akan berwarna pucat.

 "Biasanya saya lihat dari insang nya, sama baunya kalau baunya sudah tidak enak berarti itu ikannya sudah tidak segar," ujarnya kepada blok Tuban.com, Sabtu (31/12/2022).

 

2. Coba Ikan Secara Mentah 

Tips yang kedua biasa dilakukan Ainul membutuhkan Indra perasa yaitu Indra pengecap atau lidah. Biasanya Ainul selalu menjilat ikan-ikan yang akan dibelinya, dengan cara meletakkan jari pada badan ikan. 

Kemudian jilat jari bekas menyentuh badan ikan tersebut, kalau lidah terasa gatal berarti ikan sudah tidak layak untuk dikonsumsi. 

"Kalau saya yang milih biasanya saya jilat terlebih dahulu, lidah saya sudah hafal jadi sudah tawar," ucapnya. 

 

3. Warna Kulit Pada Ikan 

Selain Insang, kulit juga bisa menjadi perhatian masyarakat sebelum membeli ikan. Pasalnya dikatakan Ainul jika ikan yang sudah tidak segar, warnanya akan memudar atau pucat. Sedangkan ikan yang masih segar warna kulit ikan akan terlihat lebih berwarna seperti warna aslinya. 

"Itu untuk semua jenis ikan, tanpa terkecuali lihatnya dari segi itu," tuturnya.

 

4. Pilih Ikan yang Badannya Tidak Lembek

Menurut Ainul, ikan yang badannya kaku biasanya efek dari penyimpanan ikan yang disimpan di es. Maka ikan yang busuk bisa dilihat dari badan ikan yang cenderung lebih lembek dari biasanya, dan badannya sedikit mengelupas akibat terlalu lama disimpan oleh pemiliknya. 

"Ikan yang busuk biasanya justru lebih lembek, dan baunya nggak enak," imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS