Banjir Rob Landa Pesisir Tuban, 8 Rumah dan Tangkis Laut Rusak

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.comCuaca ekstrem yang melanda di Kabupaten Tuban mengakibatkan wilayah pesisir Bumi Wali ini terdampak banjir rob tepatnya di Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Minggu (25/12) malam.

Banjir rob merupakan banjir yang disebabkan karena ketinggian air laut lebih tinggi dibandingkan daratan. Wilayah pesisir yang letaknya berada di pinggir laut Tuban merupakan daerah yang menjadi langganan jika adanya kenaikan air laut.

Menurut Kepala Desa Karangagung, Aji Agus Wiyoto, bahwa banjir rob ini merupakan banjir tahunan di wilayahnya. Bedanya banjir kali ini merupakan banjir yang terparah di bandingkan banjir-banjir tahun sebelumnya.

“Banjir kali ini terparah di bandingkan dengan banjir taun kemarin,” ujar Aji kepada reporter blokTuban.com, Senin (26/12/2022).

Aji sapaan akrabnya menceritakan, pada awalnya banjir datang pada pukul 21.00 Wib dan surut pada pukul 00.00 Wib. Akibat kejadian ini terdapat 8 rumah yang terdampak kerusakan, di mana 3 rumah yang mengalami kerusakan parah dan 5 rumah lagi tidak terlalu parah. 

Baca juga:

Sempat Hilang, Anak 4 Tahun yang Terseret Arus Sungai di Tuban Ketemu Meninggal

Selain rumah tersebut terdapat, tangkis air ombak yang juga ikut rusak dikarenakan terjangan ombak yang besar. Saat ini tangkis tersebut langsung di perbaiki bersama warga.

Tiga rumah yang mengalami rusak parah, menjadikan rumah tersebut rusak di bagian tembok belakang rumah ambruk di terjang ombak tadi malam.

Sedangkan Basori (24) salah satu warga yang terdampak mengatakan bahwa, selain karena faktor alam, faktor irigasi yang dibangun pemerintah desa yang terlalu kecil juga menjadi salah satu pemicu banjirnya.

“Aliran air yang dibangun pemerintah desa terlalu kecil jadi pembuangan air ke laut jadi lama,” ujarnya

Sampai saat ini menurutnya, belum ada bantuan dari pemerintah yang diberikan ke korban. Sementara baru dari Lazimu desa yang melakukan penyurveian ke lokasi korban terdampak. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS