Ibu-ibu PKK di 19 Desa Ini Antusias Ikuti Festival Gunungan Pelas Palang Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Puluhan Ibu-ibu Pembinan Kesejahteraan Keluarga (PPK) dari 19 desa yang ada di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, sangat berantusias dalam mengikuti perlombaan Festival Gunungan Pelas Palang, yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, bertempat di Alun-alun Kota Tuban. 

 

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, nampak sejumlah ibu-ibu memasak makanan berbahan utama jagung muda tersebut, dengan penuh semangat. Bahkan, tak jarang mereka memasak sambil bergoyang dang melantunkan yel-yel kebanggaan dari kelompoknya.

 

Ketua PKK asal Desa Gesikharjo, Sukarnoto mengungkapkan jika ia sangat semangat dalam mengikuti perlombaan Festival Gunungan Pelas Palang ini. Dengan harapan Nantinya makanan yang menjadi ciri khas daerahnya tersebut, dapat lebih dikenal oleh banyak orang. 

Baca juga: Angkat Sektor Kuliner, Pemkab Tuban Gelar Festival Gunungan Pelas Palang

"Alhamdulillah saya sebagai tim penggerak ibu-ibu PKK merasa sangat senang mengikuti momen festival pembuatan Pelas ini. Mudah-mudahan Pelas di Kecamatan Palang bertambah kaya dan laris, karena rasanya memang mantap," paparnya kepada blokTuban.com saat ditemui di lokasi kegiatan, Kamis (22/12/2022). 

 

Menurutnya, dalam mengikuti kegiatan ini, maka diperlukan sikap gotong royong antar tim, agar tercipta kebersamaan dan kekompakan dalam menyelesaikan seluruh masakan, secara sempurna. Baik dari segi rasa maupun hidangan. 

 

Sementara Annisa, Ketua PKK Desa Karangagung, mengaku sangat senang sekali karena berkesempatan mengikuti festival ini. Pasalnya, selain mengangkat kuliner khas desa, kegiatan ini juga sebagai ajang promosi tersendiri, dalam mengenalkan produk khas daerah pesisir. 

 

Selain itu, perempuan ramah ini juga menambahkan bahwa hal yang  membuat Pelas Palang ini berbeda dan istimewa adalah rasanya yang pedas dengan campuran udang didalamnya, sehingga menambahkan kelezatan rasa dari makanan itu sendiri.

 

Dengan demikian, ia berharap agar nantinya kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut, agar makanan tradisional khas Kabupaten Tuban dapat lebih dikenal dan maju lagi dari sebelumnya. 

 

Untuk diketahui, 19 desa dari Kecamatan Palang tersebut, terdiri dari  Desa Cendoro, Cepokorejo, Dawung, Gesikharjo, Glodog, Karangagung, Ketambul, Kradenan, Leran Kulon, Leran Wetan, Ngimbang, Palang, Panyuran, Pliwetan, Pucangan, Sumurgung, Tegalbang, Tasik madu, dan juga Desa Wangun. Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS