Angkat Sektor Kuliner, Pemkab Tuban Gelar Festival Gunungan Pelas Palang

Reporter : Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Dalam rangka mengangkat potensi Ekonomi Kreatif (Ekraf) Sub Sektor Kuliner, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menggelar Festival Gunungan Pelas Palang, bertempat di Alun-alun Kota Tuban, yang berada di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Kegiatan yang Wonderful Tuban ini, diikuti sebanyak 19 desa yang ada di Kecamatan Palang. Seperti Desa Cendoro, Cepokorejo, Dawung, Gesikharjo, Glodog, Karangagung, Ketambul, Kradenan, Leran Kulon, dan Leran Wetan. 

Selain itu, juga diikuti oleh Desa Ngimbang, Palang, Panyuran, Pliwetan, Pucangan, Sumurgung, Tegalbang, Tasik madu, hingga Desa Wangun. 

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban, Siti Umi Hanik mengungkapkan jika kegiatan ini merupakan salah satu langkah Pemkab, dalam mengembangkan Ekraf di Kabupaten Tuban. 

"Festival Gunungan pelas sebagai upaya untuk memotivasi dan mengangkat potensi ekonomi kreatif sub sektor kuliner. Supaya ekosistem ekraf sub sektor kuliner di Tuban, semakin berkembang," ungkapnya, Kamis (22/12/2022). 

Pelas Palang sendiri merupakan makanan khas Kabupaten Tuban yang berasal dari Kecamatan Palang. Makan ini, biasanya berbahan utama jagung yang diberi bumbu khusus dan dihaluskan menggunakan cobek. 

Dengan adanya festival Gunungan Pelas Palang tersebut, maka diharapkan bisa memunculkan event-event khas Tuban lainnya. Disampin itu, juga dapat menambah daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Tuban. 

"Harapan ke depan akan muncul event-event kreatif yg berkarakter tuban asli. Hal ini akan menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan bisa juga memperkaya khazanah wisata kuliner di Tuban. Hal ini sesuai dengan program prioritas mas Bupati untuk membangun ekonomi sampai skala rumah tangga," jelasnya. 

Sementara salah seorang peserta dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Glodog, Retno mengungkapkan jika sangat antusias untuk mengikuti kegiatan, yang juga sebagai pendongkrak ekonomi masyarakat Kabupaten Tuban ini, pasca Pandemi Covid-19. 

"Baru kali ini kita mengikuti Festival Pelas seperti ini, karena memang baru pertama kali diadakan di Tuban. Sangat senang sekali mbak, Alhamdulillah bisa mengikuti," katanya. 

Adapun kriteria dari penilaian Festival Palang ini, diantaranya seperti rasa makanan, kebersihan dalam memasak, kekompakan dan juga pembuatan yel-yel dari masing-masing kelompok. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS