Hujan Membawa Berkah, Tapi Saat Deras dan Berangin Baca Doa Ini

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Saat ini di musim penghujan, kerap terjadi hujan deras yang tidak jarang disertai angin kencang. 

 

Tentunya menemui suasana yang demikian menimbulkan rasa takut akan situasi yang tidak diinginkan.

 

Maka dari itu umat muslim patut membaca doa dengan harapan hujan tersebut mendatangkan berkah dan bukan pula sebaliknya yang mendatangkan musibah.

 

Dikutip situs NU Online, berikut doa yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang dinukil oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam Kitab Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib, (Kairo, Darud Diyan lit Turats: 1987 M/1408 H) halaman 176. 

 

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

 

Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthÅ«nil awdiyati, wa manābitis syajari.

 

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.”

 

Dikatakan bahwasanya memanjatkan doa di saat hujan ialah salah satu penyebab doa tersebut dikabulkan. Hujan sendiri  merupakan berkah dari Allah SWT.

 

Allah SWT berfirman dalam Alquran bahwa hujan yang turun ke bumi sebagai rahmat yang diperlukan seluruh makhluk. 

 

وَهُوَ الَّذِي يُنَزِّلُ الْغَيْثَ مِنْ بَعْدِ مَا قَنَطُوا وَيَنْشُرُ رَحْمَتَهُ ۚ وَهُوَ الْوَلِيُّ الْحَمِيدُ

 

"Dan Dialah yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Mahapelindung lagi Mahaterpuji." (QS Asy Syuura ayat 28).  

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS