Bacaan Doa Keluar dan Ketika Masuk ke Dalam Rumah, Arab Latin dan Artinya

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sebelum masuk ataupun keluar rumah hendaknya membaca doa sebagai bentuk kita bertawakal kepada Allah SWT.

Doa masuk rumah ini juga diamalkan oleh Rasulullah SAW. Dimana menjadi salah satu kebaikan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad yang diamalkan oleh umat Islam hingga saat ini.

Rumah dimana merupakan tempat kita berlindung dari panas terik ataupun hujan penting keberadaannya. Maka sebelum keluar dan masuk ke dalam rumah hendaknya mengamalkan bacaan doa berikut ini.

 

Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismillaah, tawakkaltu 'alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah." (HR Abu Daud Nomor 5095, Turmudzi 3426, dan disahihkan Al Albani)

 

Doa Masuk Rumah

 Ø§ÙŽÙ„لّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَ 

Allahumma inni asaluka khoiralmauliji wakhoirolmukhroji bismillahi walajnaa wabismillahi kharajnaa wa 'alaallahi rabbana tawakkalna. 

"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”

Itulah doa ketika keluar dan hendak masuk ke dalam rumah yang dapat diamalkan sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW. [dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS