Doa Menyembelih Ayam, Perhatikan Rukun dan Sunnahnya

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Menyembelih hewan ayam banyak dilakukan sehari-hari, entah untuk konsumsi sendiri atau untuk diperjual belikan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan menyembelih ayam. Diantaranya doa bacaannya, rukun dan sunnah-sunnah menyembelih ayam.

Rukun penyembelihan ayam ini harus dipenuhi. Sebab jik atidak, maka akan terhitung sebagai bangkai yang hukumnya ketika dikonsumsi haram. Berikut rukun menyembelih ayam:

  1. Harus beragama Islam.
  2. Menyebut Nama Allah yaitu dengan membaca Bismillahi Allahu Akbar.
  3. Hewan yang disembelih halal dimakan.
  4. Menggunakan alat (pisau, parang, dan sejenisnya).
  5. Pelaksanaan penyembelihan memutuskan kerongkongan dan tenggorokan dan memutuskan urat tempat saluran makan dan minum.

Sunnah-sunnah menyembelih ayam pun sama, apabila dipenuhi akan bernilai ibadah di sisi Allah SWT. Berikut ini sunnah menyembelih ayam:

  1. Menyelembih dengan pisau tajam.
  2. Menghadapkan hewan yang disembelih ke arah kiblat.
  3. Orang yang menyembelih menghadap arah kiblat.
  4. Membaca sholawat kepada nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam.

 

Doa menyembelih hewan 

BAcaan doa ini secara umum dapat dibaca ketika menyembelih hewan baik kambing, domba, sapi atau lainnya.

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اَللّٰهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَ إِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَاكَرِيْمُ، بِسْمِ اللهِ اللهُ أَكْبَر

Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin, Allaahumma haadzihii minka wa ilaika, fataqabbal minnii yaa kariim, Bismillahi Allahu Akbar.

“Ya Allah berikanlah rahmat dan salam pada penghulu kami Nabi Muhammad. Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarubku ini. Dengan Menyebut nama Allah, Allah yang Maha Besar”.

 

Doa Menyembelih Ayam Betina

  اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ،  أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ: نَوَيْتُ أَنْ أَذْبَحَ هَذِهِ الدَّجَاجَةَ أَنْ يَقْطَعَ حُلْقُوْمَ وَالْمَرِىءَ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ،بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin, A’udzu billahi minasy-syaithonir rojiym. Nawaitu An Adzbaha Hadzihid- Dajaajata Ay-yaqtho’a khulquma wal mari-a Fardhol-lillahi T’a’ala, Allahu-Akbar – Allahu-Akbar Bismilahir rohmanir rohim.

"Ya Allah berikanlah rahmat dan salam pada penghulu kami Nabi Muhammad. Aku Berlindung kepada Allah dari Godaan Syetan yang terkutuk. Aku niat Menyembelih Ayam Betina ini untuk memutskan tenggorokan dan kerongkongannya fardhu karena Allah Ta’ala. Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar. Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang".

 

Doa Menyembelih Ayam Jago

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ،  أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ: نَوَيْتُ أَنْ أَذْبَحَ هَذَا الدَّيْكَى أَنْ يَقْطَعَ حُلْقُوْمَ وَالْمَرِىءَ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ،بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin, A’udzu billahi minasy-syaithonir rojiym. Nawaitu An Adzbaha Hadzad- Daika Ay-yaqtho’a khulquma wal mari-a Fardhol-lillahi T’a’ala, Allahu-Akbar – Allahu-Akbar Bismilahir rohmanir rohim.

"Ya Allah berikanlah rahmat dan salam pada penghulu kami Nabi Muhammad. Aku Berlindung kepada Allah dari Godaan Syetan yang terkutuk. Aku niat Menyembelih Ayam Jago ini untuk memutskan tenggorokan dan kerongkongannya fardhu karena Allah Ta’ala. Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar. Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang".

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS