Belasan Paguyuban Seni Thak-Thakan Tuban Bakal Gelar Karya Galang Dana, Ini Lokasinya

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Paguyuban seni thak-thakan di Kabupaten Tuban, yang bekerjasama dengan Forum Relawan Tambakboyo, rencananya bakal menggelar acara pementasan, Sabtu (10/12/2022) malam mendatang. 

Kegiatan ini sendiri, diproyeksikan akan diikuti oleh 12 paguyuban sekaligus, yaitu 10 paguyuban dari Kecamatan Tambakboyo, 1 dari Kecamatan Bancar dan 1 dari Kecamatan Jenu.

Salah seorang panitia penyelenggara, Buntas Pradoto mengatakan jika kegiatan ini merupakan wujud keperdulian dari paguyuban seni thak-thakan, kepada masyarakat yang saat ini sedang tertimpa musibah.

Baca juga: Mau Galang Dana Peduli Cianjur, Seniman Jawa Timur Dibubarkan Panitia CFD di Tuban

Pasalnya, kegiatan yang digelar di Lapangan Tambakboyo ini, bertujuan untuk penggalangan dana peduli bencana.

“Kegiatan ini tujuannya untuk penggalangan dana, untuk saudara kita yang terkena bencana alam. ini bekerjasama dengan Forum Relawan Tambakboyo, yang kita mintai tolong untuk mengalokasi dana tersebut nantinya, kepada saudara kita yang kena bencana,” ungkapnya kepada blokTuban.com, saat dikonfirmasi Rabu (7/12/2022).

Selain itu, tujuan lain diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mempererat tali persaudaraan, antar sesama paguyuban seni thak-thakan. Sehingga silaturahim dapat terus terjaga dan nantinya bisa lebih kompak lagi.

“Pesertanya sebenarnya ada 14 paguyuban thak-thakan, cuma yang dua izin tidak dapar mengikuti. Dia tetap ikut tapi tidak pentas karena sedang proses perbaikan, jadi besok ini ada 12 payuban yang ikut,” sambungnya.   

Baca juga: Puluhan Pelajar SD hingga SMP di Tuban Belajar Teknik Tari di Rumah Baca Anak

Disamping memperat tali silaturahim, kegiatan ini  juga bertujuan untuk mengenalkan seni thak-thakan kepada msayarakat luas. Mengingat, seni ini merupakan kekayaan asli yang dimiliki oleh Kabupaten Tuban, yang masih jarang diketahui.

Dengan demikian, ia berharap agar kegiatan ini nantinya bisa membawa masyarakat untuk berdonasi, sehingga hasilnya banyak. Selainb itu, ia juga berharap agar ke depannya  Seni Thak-thakan dapat lebih dikenal oleh khalayak luas, baik ditingkat Kabupaten Tuban maupun lintas kabupaten dan provinsi.

“Harapannya banyak yang donasi, ikut hadir dan berbagai untuk saudara kita yang terkena musibah seperti itu. Selain itu, Seni Thak-thakan sendiri bisa lebih digandrungi oleh masyarakat,” tutupnya. [Sav/Dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS