18:00 . Tak Bisa Berenang, Pelajar Tuban Tewas Tenggelam di Telaga Saat Mandi   |   17:00 . MTQ XXX 2022 Dibuka, Ajang Tuban Membumikan Alquran   |   16:00 . BNPB Tegaskan Erupsi Gunung Semeru Tak Picu Tsunami   |   15:00 . SAKIP Tuban Diganjar Predikat BB, Menpan RB Larang Birokrasi Ribet   |   14:00 . Bermula Dari Hobi, Produk Rajutan Warga Tuban Ini Diekspor Sampai ke Qatar   |   13:00 . IDe AsSALAM Antarkan UINSA Terima Penghargaan TOP 45 tahun 2022   |   12:00 . Serahkan Kaporlap pada Bhabinkamtibmas, Wakapolres Tuban : Kembalikan Kepercayaan Publik Kepada Institusi Polri   |   11:00 . Tak Patut Dicontoh, Video Dewasa Viral di Tuban dan Balita Ikut Terekam   |   10:00 . Anjlok Rp15.000 Per Gram, Harga Beli Emas Antam Turun di Level Rp984.000   |   09:00 . Erupsi Gunung Semeru di Indonesia, Jepang Waspada Ancaman Gelombang Tsunami?   |   08:00 . Doa yang Sering Diamalkan Rasulullah SAW Setiap Hari   |   07:00 . Jadwal Tayang Enam Film di Bioskop NSC Tuban 6 Desember 2022   |   06:00 . Cabai Keriting di Tuban Naik Rp2.000, Bawang Merah Rp1.000/Kg   |   05:00 . Update Cuaca 6 Desember 2022: Empat Wilayah Tuban Hari Ini Hujan Petir   |   19:00 . Belasan Pasar Tradisional di Rembang Direvitalisasi Akhir 2022, Ada yang Telan Biaya Rp5,6 Milyar   |  
Wed, 07 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Puluhan Pelajar SD hingga SMP di Tuban Belajar Teknik Tari di Rumah Baca Anak

bloktuban.com | Sunday, 11 September 2022 18:00

Puluhan Pelajar SD hingga SMP di Tuban Belajar Teknik Tari di Rumah Baca Anak Mbah Broto mengajari anak-anak teknik menari. (Foto:Nur/blokTuban.com)

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Setelah libur satu bulan karena padatnya kegiatan di sekolah, Rumah Baca Anak Pemuda Bergerak Plumpang Kabupaten Tuban kembali memulai kegiatannya. Sebagai pembuka, digelar latihan tari bersama dosen dari Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya.

Sejuknya angin yang berhembus dan di bawah rindanganya pohon bambu anak-anak dengan riang gembira mengikuti berbagai intruksi gerak tari dari Tri Broto (68) atau bisa dipanggil dengan Mbah Broto. 

Mereka melakukan latihan menari di samping Rumah Baca Anak Pemuda Bergerak Plumpang yang bertempat di RT 04, RW 09, Desa/Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. 

“Kegiatan ini sebagai awal pembuka kegiatan di Rumah Baca Anak Pemuda Bergerak Plumpang,” ucap Bambang Budiono (30) Ketua Pemuda Bergerak Plumpang kepada blokTuban.com, Minggu (11/09/2022).

Baca juga :

Waktu Terjadi Hujan Lokal dan Penyebabnya, Versi BMKG Tuban

Menteri Nadiem : Tes Masuk PTN Fokus pada Penalaran dan Pemecahan Masalah

5 dari 14 Anak Terindikasi Demam Berdarah, Dinkes Tuban Lakukan Fogging di Lingkungan Peternak Sapi

Bambang juga menambahkan kegiatan ini sebagai pengenalan karena telah libur selama satu bulan, karena terbentur banyaknya kegiatan di sekolahan dan bertepatan pada hari ini mbah Broto berkunjung ke Tuban. 

Anak-anak sekolah dasar sampai SMP menyambut acara ini dengan begitu antusias terlihat dari banayak nya anak-anak yang berpartisipasi tak kurang dari 40-an anak yang ikut latihan menari anak-anak ini merupakan anak anak yangberada di sekitaran rumah baca 

Dalam latihan ini para anak-anak diajarkan membangun kreativitas dan juga membangun keberanian dulu. Karena dalam menari keberanian dan kreativitas akan menjadi dasar dalam tahapan tahapan selanjutnya. 

Cara yang dipakai Mbah Broto yakni menirukan gerakan hewan seperti cicak, ayam, dan kijang serta disesuaikan dengan musik yang dibawakan. Gerakan ini tergantung bagaimana imajinasi para anak. 

"Para anak tidak diajari dengan teknik-teknik tari dulu, akan tetapi kita fokuskan untuk mengeksplor gerak tubuhnya," sambung Mbah Broto

Menurut Mbah Broto untuk para anak yang menjadi peserta kegiatan latihan tari ini sudah 80% materi yang ia sampaikan sudah masuk kepada anak-anak. Beberapa anak yang geraknya sudah bagus akan tetapi masih ada yang wagu atau kaku.

Mereka biasanya memilih untuk bercanda dengan temannya, akan tetapi hal ini dengan berjalannya waktu bisa teratasi karena itu sebuah hal yang lumrah bagi anak-anak.

"Semoga nantinya anak-anak ini punya potensi kreatif yang mereka akui dan dikembangkan bisa dengan alam atau buku," tutupnya. [Nur/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Rumah Baca Anak, Pelajar Belaajr Tari, Dosen Tari STKW Surabaya, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat