Penyebab Udara Gerah Sebelum Hujan, Ini Penjelasannya

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Sebelum terjadinya hujan pasti kita pernah merasakan udara terasa lebih gerah atau panas ternyata hal tersebut ada penjelasannya.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tuban Zem Irianto Padma menjelaskan, bahwa untuk menjadi hujan, maka awan harus mengeluarkan energi panas yang disimpan.

“Energi panas yang dikeluarkan oleh awanlah yang sering dirasakan manusia sebelum hujan,” ucapnya kepada blokTuban.com pada Sabtu(19/11/2022).

Zem menambahkan karena dikeluarkan dalam jumlah yang masif, udara panas ini akan mempengaruhi kenaikan temperatur udara sekitar.

“Awan mendung berada tidak terlalu tinggi jaraknya dengan permukaan, sehingga udara panas yang dilepaskan akan lebih terasa, hal ini biasa terjadi selama 15 menit – 1 jam sebelum turun hujan,” tambahnya. 

Ditanya soal berapa drajat kenaikan zem tidak bisa memastikan berapa derajat akan tetapi biasanya lebih terlihat dari tekanan udaranya terdapat penurunan nilai tekanan secara drastis sekitar 3 - 4 jam sebelum hujan turun.

"Untuk temperaturnya juga akan mengikuti pola tekanan udaranya dimana saat tekanan udara turun, suhu udaranya naik," pungkasnya.[Nur/Dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS