Tiga Keluarga Transmigran Tuban Berangkat ke Sulawesi, Disperin Pesan Jangan Salahgunakan Program

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tiga keluarga asal Kabupaten Tuban terpilih menjadi peserta program transmigrasi Pemerintah tahun 2022. Mereka telah berangkat Sabtu (15/10) malam yang diberangkatkan langsung oleh Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky dari Rumah Dinasnya di komplek Pendapa Kridha Manunggal Tuban.

Keluarga yang berangkat dengan tujuan Sulawesi Tenggara itu, yaitu Padi dan Pargi beserta istri dan anak mereka warga Desa Kumpulrejo Kecamatan Parengan, serta Mustofa beserta istri dan anak, warga Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Sugeng Purnomo menyebutkan, setelah program transmigrasi kembali dibuka, Kabupaten Tuban memberangkatkan 3 Kepala Keluarga (KK) untuk mengikuti program tersebut. Adapun lokasi penempatan berada di Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara.

"Dua tahun terhenti karena Covid-19 dan dibuka kembali tahun ini," ujar Sugeng kepada wartawan, Senin (17/10/2022). 

Baca juga :

- 5.740 Warga Tuban, Bojonegoro, dan Lamongan Dapat Bantuan Listrik Gratis

SIG Pekerjakan 826 Karyawan Perempuan

Perbaikan Jalan Letda Sucipto Tuban Ditarget Selesai Desember

Mantan Camat Kerek itu menambahkan, ketiga keluarga asal Tuban telah mendaftar tahun 2021 lalu dan baru berkesempatan berangkat tahun ini. 

Para transmigran itu, lanjut Sugeng akan mendapatkan rumah dan lahan garapan seluas dua hektar, peralatan bertani, peralatan dapur serta uang jaminan hidup selama satu tahun. 

Proses pemilihan transmigran juga tak main-main, sebab sebelumnya banyak terjadi penyalahgunaan program ini. Para peserta sebelum berangkat harus melalui sistem verifikasi ketat dan komitmen tinggi dari warga. Selain itu, juga harus mengikuti pelatihan transmigrasi terlebih dahulu. 

“Kita sebut itu transmigran olak-alik ya, mereka berangkat ke sana tapi lahannya dijual dan mereka balik lagi ke Jawa. Makanya sekarang memang ketat,” ungkapnya.

Bupati Tuban, Lindra mendorong para peserta transmigrasi tersebut bersemangat untuk mengubah nasib di sana. Diharapkan, para transmigran memanfaatkan kesempatan yang telah dipercayakan untuk mereka ini dengan baik, sehingga dapat merubah hidup mereka menjadi lebih sejahtera. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS