Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban resmi menutup program Tuban Tekno - Inkubasi Inovasi Tahun 2022, setelah pendampingan resmi dimulai pada bulan Juni 2022 lalu. Tuban Tekno sendiri merupakan wadah yang berisi kegiatan inkubasi inovasi, yang diselenggarakan oleh Litbang Bappeda Kabupaten Tuban. 

Kegiatan ini, menjadi salah satu upaya dalam membangun ekosistem inovasi yang ada di Kabupaten Tuban, dalam rangka mempersiapkan atau menumbuhkan mindset inovator kepada masyarakat sekaligus menghasilkan inovasi baru untuk bersaing. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Tuban, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Tuban, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Tuban, Jajaran Forkopimda Kabupaten Tuban, serta para peserta Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022. 

Kepala Bappeda Litbang Tuban, Agung Triwibowo mengungkapkan jika tujuan dari program ini ialah, untuk mengembangkan inovasi inisiatif dari seluruh komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Tuban.

“Masyarakat bisa mengaktualkan, apa yang menjadi keinginan dan inovasi dari masing-masing peserta, sehingga bisa kita inovasikan. Pelaksanaan inkubasi ini, merupakan tahap awal untuk mentransfer beberapa ilmu,” paparnya, Kamis (6/10/2022). 

Baca juga :

Bappeda Tuban Prediksi Reaktivasi Jalur Kereta Api Lebih Dulu Dibanding Tol Demak-Tuban

Istri Kepala Bappeda Tuban Dipercaya Jadi Ketua Tim Penggerak PKK

- Reaktifasi Jalur KA Tuban, Pemkab Pilih Hindari Kawasan Padat Penduduk

Menurutnya, sampai saat ini sudah ada sekitar 200 peserta atau alumni, yang mengikuti program Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi. Oleh karena itu, ia berharap kendati program tersebut pada tahun ini resmi ditutup, masih ada keberlanjutan pendampingan. Baik dari Kabupaten maupun dari Perusahaan-perusahaan. 

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Tuban, Esti Surahmi, mengatakan bahwa saat ini perekonomian di Kabupaten Tuban sudah mulai bangkit pasca Pandemi Covid-19. 

Perkembangan tersebut, tambahnya, juga didukung oleh kemampuan dalam menggali potensi, yang ada di Kabupaten Tuban. sehingga membutuhkan peran dari seluruh stakeholder dan para penggerak ekonomi, untuk saling bersinergi satu sama lain.. 

“Alhamdulillah tahun 2021 perekonomian masyarakat di Kabupaten Tuban mulai bangkit. Didukung oleh berbagai sektor yang saling mendukung, sehingga Kabupaten Tuban bergerak mulai membaik tingkat perekonomiannya,” ujarnya.   

Dengan demikian, Kabupaten Tuban mampu menumbuhkan satu iklim ekonomi yang bisa memberi ruang, untuk seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Tuban. Esti juga berharap,  agar kedepannya, para alumni Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi tersebut, masih terus berkarya dan meciptakan inovasi-inovasi baru di Kabupaten Tuban. 

“Program Tubernova dan Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi ini, hanya pemantik kecil dalam rangka mencapai kesuksesan Kabupaten Tuban dan para peserta. Harapan kami, tetaplah berkarya, tetap menjalin hubungan yang baik dengan para alumni, bahkan dengan stakeholder,” imbuhnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS