Perpustakaan di Tuban Jadwalkan Kunjungan untuk Anak Usia Dini

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Untuk memperkenalkan serta membangun budaya literasi perpustakaan, Pemerintah Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban melakukan kegiatan pengenalan perpustakaan kepada para anak sekolah.

Kegiatan ini, menurut pengurus Perpustakaan Widang, Hasan, ditargetkan kepada anak-anak sekolah mulai dari usia dini tingkat PAUD, TK/ RA sampai MI/ SD. Kunjungan ini bersifat penjadwalan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPERSIP) Tuban dan diharapkan bisa berkelanjutan kedepannya untuk meramaikan dan menumbuhkan minat baca sejak dini.

“Kegiatan ini diharapkan bisa memberi dampak berkelanjutan bagi para Siwa yang datang untuk meramaikan dan menumbuhkan minat baca sejak dini,” ucap Hasan  kepada blokTuban.com, Rabu (5/10/2022).

Para siswa yang akan datang di Perpustakaan Kecamatan Widang ini dikenalkan seluk beluk perpustakaan. Kemudian dilanjut dengan membaca buku untuk pengenalan anak usia dini dengan kegiatan seperti dongeng, senam bersama ataupun keliling-keliling dengan pengenalan perlengkapan yang ada di perpustakaan.

Untuk penjadwalan pertama ini merujuk sekolah/ lembaga PAUD dan TK/ RA. Untuk penjdwalan kedua juga akan merambah ke tingkat diatasnya SD dan MI. Serta dalam seminggu akan ada 1 sekolah/ lembaga secara bergiliran yang mendapatkan jadwal kegiatan.

Pada hari ini, lanjut Hasan, Perpustakaan Kecamatan Widang menerima kunjungan dari TK Dharma Wanita Patihan Kecamatan Widang  dengan membawa 41 murid serta para wali muridnya. Mereka baru pertama kali melakukan kunjungan ke Perpustakaan Kecamatan dan rencananya setelah melakukan kunjungan mereka akan juga melakukan kegiatan pembelajaran di Sendang Asmoro.

“Kami baru pertama kali ini melakukan kunjungan ke perpus di Kecamatan Semanding karena ini dapat jadwal 5 Oktober serta nantinya kami akan berkunjung ke Sendang Asmoro,” ucap Nurmani (48) guru TK Dharma Wanita Patihan.

Nurmani sebagai guru dan peduli dengan anak didiknya berharap dengan kunjungan ke perpustakaan akan meningkatkan kegemaran membaca buku dari pada sekedar bermain hp. Selain itu agar pengetahuan mereka bertambah. [Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS