Tak Hanya Latihan Tempur, TNI AD Gelar Pameran Alutsista di Kerek Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Wilayah Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban masuk dalam wilayah medan tempur darat di Jawa Timur. Oleh sebab itu, TNI AD dari Brigade Infanteri Mekanis 16/Wira Yudha atau Brigif Mekanis 16/Wira Yudha menggelar pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) di Taman Desa Sumberarum, Kerek, Minggu (18/9/2022).

Komandan Brigif Mekanis 16/Wira Yudha, Kolonel Infantri Sigit Hengky Purwanto mengatakan, prajurit TNI AD melakukan latihan untuk profesionalisme tentara untuk menjaga keamanan wilayah Indonesia. Alasan memilih wilayah Kecamatan Kerek karena di sini masuk medan tempur pertahanan wilayah darat Jawa Timur.

“Usai latihan perang digelar, pameran bertujuan untuk memperkenalkan Alutsista kepada masyarakat,” ujarnya.

Kolonel Sigit menambahkan, pihanya sengaja memamerkan sejumlah Alutsista kepada warga Tuban. Mulai dari kendaraan tempur Anoa, senjara api laras pendek hingga panjang, sistem senjata menembak jarak jauh, dan lain sebagainya. 

Baca juga :

Pesan Menyentuh TNI AD ke Mahasiswa KKN Tuban : Jangan Lelah Membangun Bangsa

Rumah Siti Kholifah, Janda Kurang Mampu di Tuban Akhirnya Direnovasi

Temuan Rombongan Mabes TNI AD Saat Meninjau Lokasi TMMD ke-113 di Tuban

Sesuai jadwal, pameran tidak hanya berlangsung sehari. Rencananya pameran akan berlanjut hingga 20 September 2022 dengan membawa peralatan tempur yang lebih lengkap dari sebelumnya. 

Adanya pameran Alutsista langsung memantik perhatian dari warga sekitar. Warga nampak takjub melihat peralatan perang TNI AD, yang biasanya mereka tonton di televisi ataupun Youtube. 

Kekaguman diungkapkan warga Desa Kasiman, Kerek, Windarti. Ia bersama buah hatinya sengaja datang untuk jalan-jalan, sekaligus melihat seperti apa Alutsista ketika dilihat dari jara dekat. 

Dalam kesempatan itu, buah hatinya juga berkali-kali minta difoto. Selain itu, diijinkan naik ke mobil tank buatan PT. Pindad. Dia dan warga lainnya merasa senang, karena menurutnya di Kabupaten Tuban baru pertama kali pameran Alutsista digelar. 

“Seru dan jarang ada. Jadi ini momentum langka yang perlu diabadikan,” ucapnya.

Selain pameran Alutsista, kegiatan di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek Tuban juga menyediakan panggung prajurit. Para prajurit yang memiliki suara emas, disilahkan tampil untuk bernyanyi bersama para pelantun lagu profesional. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS